Cara mengatasi bayi susah makan-Setelah masuk usia 6 bulan setiap bayi sudah siap untuk memulai fase belajar makan, Ibu mana yang tidak senang bila bayinya suka makan dan bertubuh sehat dengan berat badan ideal seumurannya, tapi sayangnya hampir setiap bayi pasti pernah mengalami masalah gangguan makan, untuk itu ibu cerdas harus tahu penyebab dari bayi susah makan dan cara mengatasi bayi susah makan.

Setiap Ibu pasti khawatir bila bayinya sedang susah makan, masalah yang dihadapi biasanya adalah tumbuh gigi, tidak mau mengunyah, gerakan tutup mulut (GTM), tidak suka makan ikan daging atau sayur dan hanya mau makan-makanan itu saja sampai menyembur-nyembur makanan adalah beberapa masalah yang sering dikhawatirkan para Ibu karena mereka takut asupan gizi untuk anaknya menjadi berkurang.

Cara mengatasi bayi susah makan

Maka ada baiknya jika setiap Ibu tahu cara mengatasi bayi susah makan, agar masalah makan ini dapat diatasi dengan mudah, berikut adalah beberapa cara yang dapat Ibu lakukan :

  1. Cobalah untuk makan bersama, biasanya ketika melihat orang lain makan bayi bisa tergugah nafsu makannya. Cobalah ketika menyuapinya anda ikut makan juga setelah itu lihatlah reaksi dari anak Anda.
  2. Bunyi dari mainan, berikan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi dan dudukan bayi Anda diatas kursi makannya. Jika suasana main menyenangkan untuk makan biasanya anak akan semangat untuk makan.
  3. Mandi Air hangat sebelum makan, dengan mandi air hangat peredaran darah akan lebih lancar, selain itu air hangat dapat memicu rasa lapar. Bayi yang susah makan bisa jadi lebih bernafsu makan setelah ia mandi.
  4. Menyuapi bayi dengan menggunakan tangan jika bayi sering menolak saat disuapi memakai sendok.
  5. Bertepuk tangan: Cara ini biasanya butuh bantuan orang lain untuk bertepuk tangan sambil berkata, “Horeeeee”, sementara Anda menyuguhkan sendok berisi makanan ke mulut si bayi. Jika belum berhasil, cobalah lebih banyak orang yang bertepuk tangan dan menyebutkan “horeee”.
  6. Perbaiki rasa makanan: Bayi susah makan mungkin karena tidak suka dengan rasa makanannya. Walaupun banyak yang melarang tambahan garam atau kecap pada makanan bayi, tetapi terpaksa dilakukan jika bayi tidak mau juga makan, agar makanan menjadi sedap. Bisa juga menambahkan bawang goreng agar wangi. Yang penting, menghindari asupan MSG pada bayi.
  7. Variasi dari sendok yang digunakan, ganti-ganti sendok yang digunakan, sehingga bayi tertarik pada sendok baru tersebut.
  8. Terakhir cara untuk mengatasi bayi susah makan adalah dengan menyuguhkan variasi makan yang selang seling Jika bayi susah makan, mungkin karena bosan dengan rasa makanan yang sama. Anda bisa mengakalinya, misalnya memberikan sesuap bubur / nasi tim, lalu suapan berikutnya puree buah. Demikian seterusnya, lakukan secara selang seling sehingga bayi tidak bosan.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here