Cara menjadi Ayah yang baik menurut islam-Jika seorang suami yang sudah menjadi Ayah tentunya memiliki tanggung jawab lebih terhadap keluarga didunia dan akhirat bukanlah hal yang mudah, peran Ayah sangat penting dalam banyak hal terutama dalam masalah mengurus dan mendidik anak. Bukan hanya bertanggung jawab penuh harus menafkahi dan menghidupi keluarga, seorang Ayah juga tentu harus bisa mendalami perannya agar tercipta hubungan yang baik dan harmonis dalam keluarga.Menjadi Ayah yang baik menurut islam

Bagaimana menjadi Ayah yang baik menurut islam

Dalam bayangan anak-anak biasanya seorang Ayah adalah adalah sosok yang yang selalu diingat karena wibawanya, biasanya seorang Ayah akan menjadi tegas dalam hal mendidik dan membuat aturan dalam rumah, namun disamping itu Ayah juga bisa berperan seperti sahabat bagi anak-anaknya dikala anaknya membutuhkan teman bermain dan bercerita. Memang ada baiknya jika para anak cenderung dekat dan bersahabat dengan orang tuanya, agar mereka tak mudah terpengaruh dengan lingkungan buruk yang mungkin mereka temui diluar sana.

Menjadi Ayah yang baik menurut islam tentu erat kaitannya dengan masalah agama, Ayah yang baik akan memberi didikan baik yang membawa kebaikan bagi anak-anaknya. Disamping itu sebelum kita menginginkan untuk memiliki anak-anak yang berakhlaq mulia, tentunya seorang Ayah juga harus terlebih dahulu memberi contoh dari akhlaq mulia tersebut, karena biasanya anak-anak yang sholeh tercipta dari didikan orang tua yang sholeh juga.

Peran Ayah bagi anak-anaknya

1. Memenuhi hak anak

Kewajiban orang tua adalah memenuhi hak anak. Seorang Ayah berkewajiban memberikan kasih saying, pendidikan, perhatian serta bimbingan kepada anak-anaknya. Ada baiknya seorang laki-laki tahu apa saja hak dan kewajiban dari seorang Ayah, jauh sebelum mereka menikah dan memiliki anak.

Kurangnya didikan agama menjadikan pondasi yang tidak kuat bagi anak, sehingga bila anak tidak terdidik dengan baik agamanya, ada kemungkinan mereka akan berlaku durhaka dan seenaknya kepada orang tua ketika mereka beranjak dewasa. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pentingnya pendidikan agama yang diberikan oleh orang tua sejak mereka maih kecil.

2. Memiliki hati yang lembut

Hampir setiap pria pasti ingin dicintai dan disayangi oleh anak-anaknya, salah satu cara agar Ayah bisa menjalin kedekatan dengan anaknya adalah dengan memiliki hati yang lembut, jadilah sosok yang tidak mudah berlaku kasar, penuh wibawa, berhati lembut namun tetap disegani oleh anak-anak.

Ayah dan Ibu yang bisa menerarapkan kelembutan untuk mendidik anak anaknya, maka insya Allah anak-anakpun akan bertutur kata lembut, dapat merhargai dan menghormati orang tuanya.

3. Teladan yang baik bagi anak

Untuk menjadi teladan yang baik bagi anak, seorang Ayah harus menjalankan perannya dengan berprilaku baik mulai dari sifat dan kebiasaannya agar bisa menjadi contoh untuk anak-anaknya. Biasanya seorang anak akan lebih mudah mencontoh dari pada disuruh dan didikte, jadi berikanlah contoh-contoh yang baik agar anak dapat meniru kebaikan tersebut.

Baca juga :Tips Menjadi Ayah yang Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here