Benarkah susu kambing lebih baik dari susu sapi?

Setiap hari manusia membutuhkan asupan gizi yang cukup salah satu sumbernya bisa berasal dari susu. Dan saat berfikir tentang susu, maka kita akan langsung bayangkan sumbernya biasanya dari sapi, jarang yang menyebutkan kambing sebagai sumber susu tersebut. Karena memang produk yang lebih banyak beredar di masyarakat adalah susu sapi, iklan yang selalu ditayangkan di media-media pun susu sapi jarang sekali atau nyaris tidak ada yang mengiklankan tentang susu kambing. Padahal susu kambing tidak kalah kualitasnya dengan susu sapi bahkan lebih baik.

Kenapa lebih baik?
Susu kambing mengandung unsur yang lengkap yang baik untuk tubuh yaitu vitamin, mineral, elektrolit, enzim, protein, asam lemak. Dalam sebuah penelitian susu kambing mudah dicerna karena memiliki molekul lemak yang lebih kecil dibanding dengan susu sapi, dan ciri molekulnya mirip dengan ASI (Air Susu Ibu) dari sisi nutrisi, komposisi, dan sifat kimia alami hingga cocok untuk dikonsumsi manusia. Selain itu manfaat yang terkandung dalam susu kambing jauh lebih banyak dari pada susu sapi yaitu :
1. Membangun kembali jaringan otak, sel-sel tubuh, sistim saraf, dan kemampuan mental
2. Mengurangi gejala penyakit asma, infeksi telinga kronis, dan artritis
3. Sedikit menimbulkan alergi karena susu kambing tidak berisi protein kompleks, yang merangsang reaksi alergi seperti pada susu sapi. Orang–orang yang alergi dengan susu sapi dapat meminum susu kambing tanpa masalah.
4. Susu kambing tidak menekan sistem kekebalan
5. Membantu meningkatkan pH aliran darah
6. Kaya akan mineral selenium sebagai nutrisi yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan

Susu kambing segar merupakan salah satu jenis minuman yang sering diminum oleh Rosulullah, dalam sebuah riwayat dari sahabat Rosulullah yaitu ibnu Ab Riwayat dari sahabat Rasulullah yaitu Ibnu Abbas ra, “Aku bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu kambing. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah.

Sungguh terbukti bahwa apa yang dicontohkan nabi kita ternyata memang mengandung kebaikan yang banyak, Mengingat banyaknya manfaat tersebut, maka menjadi bahan pertimbangan kita mulai sekarang membiasakan diri meminum susu kambing dari pada susu sapi. Lalu bagaimana dengan manfaat susu untuk kecantikan? apakah susu kambing juga lebih baik dari susu sapi?

Leave a Reply