Cara Bersahabat Dengan Anak

Anak merupakan anugerah yang nilainya tidak akan dapat diukur, simbol kepercayaan yang Allah berikan untuk dapat dijaga dengan baik. Bagaimanapun kesibukan bunda, bunda tetap harus memiliki hubungan yang baik dengan si kecil. Berikan waktu untuk si kecil paling tidak sedikitnya 30 menit dalam satu hari. Nah bunda, bagaimana tips agar bunda dapat bersahabat dengan si kecil? Berikut beberapa hal yang dapat bunda jadikan sebagi rujukan agar bunda dapat bersahabat dengan si kecil:

1. Biarkan si kecil melakukan segala hal yang ia inginkan.

Dalam hal ini bunda masih harus tetap mengawasi kegiatan si kecil ya bunda, mskipun bunda membiarkan si kecil melakukan sesuatu yang ia suka namun ada kalanya beberapa kegiatan tidak boleh ia lakukan. Karena itu, tetap harus dalam pengawasan orang tua. Jangan ragu untuk menegur si kecil jika melakukan hal yang salah, dengan cara yang lembut tanpa menyakiti perasaan si kecil. Mengingat mental si kecil masih dalam keadaan labil. Jadi harus hati-hati dan ekstra menjaga perasaan si kecil ya bunda. Jangan pernah menggunakan kata-kata yang kasar bunda, karena akan sangat mempengaruhi mental si kecil.

2. Jawab pertanyaan si kecil dengan bahasa yang mudah dimengerti dan jujur.

Bunda, diusia si kecil yang memiliki rasa ingin tahu tinggi akan memicu si kecil untuk menanyakan banyak hal. Bahkan sangat kritis. Jawab semua pertanyaannya dengan bahasa yang ringan dan ringkas. Jawaban yang jujur juga sangat penting bunda, selain mengajarkan kejujuran pada si kecil, hal ini juga menghindari dari rasa kebingungan si kecil ketika ia mengetahui jawaban yang berbeda mungkin dari orang lain.

3. Jadilah pendengar yang baik.

Bunda, ajak si kecil untuk aktif berinteraksi. Buat si kecil menceritakan apa saja yang ia alami, apa yang ia suka, apa yang tidak disukainya dan jadilah pendengar yang baik, serta tanggapi cerita si kecil dengan sikap antusias. Ajukan pertanyaan yang akan membantu si kecil melatih daya fikirnya. Hal ini akan membangun keberanian dan kepercayaan diri si kecil bahwa ceritanya didengarkan, sehingga si kecil akan selalu terbuka pada bunda.

4. Didik si kecil dengan cara yang menyenangkan.

Belajar tidak selalu harus menjadi hal yang membosankan bagi si kecil. Didiklah si kecil dengan cara yang disukai si kecil, bunda. Contoh ketika akan makan bunda dapat membacakan doa sebelum makan dengan nyaring, sehingga ia akan dapat menerapkannya. Hal ini disebabkan karena biasanya anak-anak memiliki sifat peniru. Si kecil akan mempehatikan setiap apa yang bunda lakukan kemudian menirukannya.

Nah bunda, beberapa tips diatas mungkin bersifat umum, namun jika bunda dapat mengaplikasikannya mudah-mudahan bunda dapat menjadi sahabat terbaik si kecil, agar bunda dapat secara langsung terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan baik fisik, mental, dan pengetahuan si kecil. Karena tempat belajar terbaik bagi seorang anak adalah Anda, seorang Ibu. Lalu bagaimanakah cara mendidik anak cara Rasulullah?

Baca juga:
Persiapan Menjadi Ayah dan Ibu Baru
Cara Memperkenalkan Allah Pada Anak Sejak Dini

Leave a Reply