Cara Mempertebal Rambut

Cara Mempertebal Rambut – Rambut tipis tidak hanya disebabkan oleh kerontokan, namun juga karena metabolisme tubuh yang tidak lancar, sehingga akar rambut tidak mampu menyerap nutrisi penting yang dibutuhkan rambut. Akibatnya, rambut menjadi tipis, kusam dan mudah sekali kusut.

Umumnya rambut tipis diakibatkan oleh kerontokan, dan bila hal ini dibiarkan secara terus-menerus akan berakibat pada kebotakan.

Apa Yang Menyebabkan Rambut Tipis?

Ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan saat memilih perawatan dengan mengenali penyebab utama rambut rontok dan tipis. Karena, tidak semua shampo rambut rontok dan sejumlah perawatan alami lainnya benar-benar cocok untuk dipakai. Beberapa hal dasar ini wajib diketahui:

Shampo

Apa bila shampo Anda mengandung bahan berbahaya seperti natrium sulfat, Anda wajib berhenti memakainya. Bahan ini disinyalir  menjadi penyebab utama rambut rontok.

Kekurangan Zat Tembaga

Kekurangan zat tembaga dalam tubuh bisa mengakibatkan penipisan rambut. Menurut situs Health Extremist, kekurangan tembaga ini juga mengakibatkan gejala kesehatan buruk lainnya seperti kelelahan, dan juga memperlambat tubuh menyerab nutrisi yang mengandung zat besi. Beberapa percobaan membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi makanan dan vitamin kaya tembaga mengalami pertumbuhan rambut hingga 38%. Nah, kalau Anda mengalami kondisi seperti ini, cara mempertebal rambut alami adalah dengan mengkonsumsi kandungan gisi yang tepat.

Kekurangan Mangan

Sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa tiga wanita yang kekurangan zat mangan memiliki laju pertumbuhan rambut yang lebih sedikit ketimbang yang meminum 10 mg mangan dalam 3 bulan.

Sebab-sebab lain yang menyebabkan seseorang sulit mendapatkan rambut tebal adalah kekurangan vitamin D dan juga keseimbangan hormon yang terganggu. Selain itu, stres juga memiliki peran besar dalam hal kerontokan.

Cara Mempertebal Rambut Secara Alami

Minyak Jarak (Castor Oil)

Minyak ini sudah digunakan selama bertahun-tahun. Umumnya produk tersbeut digunakan untuk rambut, alis dan bulu mata. Kandungan zat anti-inflamsi, anti-bakteri, anti jamur dan lainnya membantu rambut terhindar dari kerontokan parah. Selain itu, minyak jarak ini ternyata juga mengandung omega 3, Vitamin E, asam lemak dan asam risinoleat yang menuntrisi rambut dengan baik dan merangsangnya tumbuh lebih cepat.

Cara memakai minyak ini cukup mudah, Anda tinggal ambil secukupnya dan pijatkan di kulit kepala. Pastikan minyak yang dibeli bebas heksana.

Jus Bawang

Sudah tahu belum kalau jus bawang membantu Anda mengurangi inflamasi dan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut? Ya, Anda wajib mencobanya. Disamping itu, kandungan anti-oksidan di dalam bawang ini melindungi Anda dari polusi sehingga mengurangi rambut rontok.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai cara mempertebal rambut paling ampuh. Zat-zat baik yang terkandung di dalamnya mampu melembabkan kulit kepala, mengurangi iritasi dan merangsang pertumbuhan rambut. Cara pakainya juga mudah. Ambil getah dengan membelah lidah buaya, kemudian oleskan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan beberapa jam agar zatnya meresap secara sempurna. Setelah itu, Anda bisa keramas seperti biasa. Lakukan hal ini 2-3 kali seminggu agar hasilnya maksimal.

Memijat Kulit Kepala dengan Rutin

Nah, yang ini lebih mudah. Sering-seringlah memijat kulit kepala dengan lembut. Pijatan kulit kepala ini mampu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut sehingga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut Anda secara alami. Pijatan kepala ini bisa dikombinasikan dengan hair tonic agar rambut juga tidak mudah rontok.

Cara Membuat Rambut Tebal Secara Instan

Karena perawatan di atas membutuhkan waktu yang cukup lama, Anda pasti membutuhkan perawatan khusus agar bisa tampil sempurna di setiap kesempatan. Yang terpenting, hindari styling rambut berlebihan karena serat rambut bisa rusak. Apalagi kalau sering mencatok dan keriting. Ini bisa merusak lapisan pelindung rambut. Cara berikut ini bisa membantu:

Baking Soda

Pada saat-saat tertentu Anda pasti mengalami yang namanya bad-hair-day, baking soda bisa menjadi solusi instant. Shampo pada umumnya membuat kulit kepala kering, pecah, dan rambut menjadi tipis. Anda bisa menggunakan 3-4 sendok makan baking soda dan 3/4 cangkir air. Campur larutan baking soda dan gunakan sebagai shampo.

Baking soda ini akan menghilangkan residu dan membuat rambut lebih tebal. Ini juga mampu membuat rambut semakin tebal karena pada dasarnya bahan dapur ini bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cuka Apel

Setelah mencuci rambut, cobalah menuangkan 1/2 cangkir cuka apple di bilasan terakhir. Jangan membilasnya lagi dengan air dan biarkan rambut Anda kering seperti biasanya. Cuka apel ini akan membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala dan membantu merangsang pertumbuhan rambut. Disamping itu, cuka apel dikenal ampuh menghilangkan residu di setiap helai rambut dan kulit kepala.

Untuk merawat kesehatan rambut, yang pasti Anda tidak cukup hanya menerapkan cara di atas, tapi juga menghindarkan rambut dari resiko rontok, seperti polusi, mengikat terlalu kencang dan juga stres. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here