Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Shaleh Secara Islami

Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Islami

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang baik dan sesuai dengan kaidah islam, kita harus menyadari bahwa ternyata PR kita banyak. Khusus nya seorang bagi seorang ibu. Ternyata kita memiliki tanggung jawab yang cukup berat, yaitu amanah dari Allah, seorang anak yang dikaruniai kepada kita.

Jadi, fikirkan lagi sebelum kita melakukan aktifitas yg kurang bermanfaat. Bahkan inilah yang menjadi alasan, sebagian ulama menyarankan kenapa wanita sholat 5 waktu di rumah, mengapa para wanita tidak ikut solat jumat dan mengapa Rasul menyuruh wanita untuk tinggal di rumah.

Lalu bagaimana cara mendidik anak yang baik itu sih?

1. Lewat Diri Kita.

Maksud nya apa?
Coba deh bunda/ayah perhatikan, pernah kah kita memberikan les khusus bahasa indonesia kepada anak kita? Tidak pernah kan?

Lantas dari mana mereka bisa berbicara bahasa indonesia dengan lancar? Mereka bisa berbicara dengan baik karena mereka mencontoh diri kita. Ya benar! Anak kecil adalah makhluk terbaik yang sangat pandai mencontoh. Tanpa mereka sadari, mereka merekam apa saja yang kita lakukan.

marahSemua hal yang kita lakukan, mereka rekam dengan baik. Entah itu hal yang baik ataupun hal yang buruk. Boleh jadi saat ini mereka belum melakukan hal-hal buruk yang kita contohkan. Namun nanti saat mereka dewasa, tanpa mereka sadari, mereka akan melakukan hal yang kita lakukan saat mereka masih kecil.

Maka sebaik-sebaik cara yang pertama adalah, berilah contoh yang baik. Dan mayoritas ulama sepakat, hal yg pertama dalam mencari pasangan sebelum menikah adalah, pastikan calon pasangan anda adalah orang yang shaleh dan berakhlak baik. Kita akan membahas bab bagaimana cara mencari pasangan yang baik di artikel lain nya.

Dan sebelum ‘memaksa’ dan berharap anak kita menjadi anak yang baik dan shaleh, yuk kita bercermin dulu, apakah kita sudah menjadi orang tua yang baik dan shaleh? atau jangan-jangan kita sendiri belum menjadi orang tua yang demikian. Maka ajak juga pasangan anda untuk terus memperbaiki diri.

Tips berikut nya ILMU. Maksudnya apa? Klik di halaman selanjut nya dibawah ini

Leave a Reply