Cara Mengatur Keuangan Yang Baik Untuk Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa dan hidup jauh dari orang tua menuntut Anda untuk lebih mandiri dalam segala hal, termasuk diantaranya adalah lebih bijak dalam mengelola keuangan. Kebanyakan dari mahasiswa perantau akan menerima jatah uang saku bulanan, meski tidak sedikit dari mereka yang lebih beruntung dan bisa meminta uang kapanpun mereka inginkan. Bagi Anda mahasiswa dengan uang saku bulanan, tentu sangat penting untuk mengelola uang dengan tepat agar selain dapat mencukupi kebutuhan bulanan juga dapat disisihkan untuk menabung.

Hijapedia It's Your Community (143)

Setiap orang tentu akan memiliki besaran uang saku yang berbeda antara satu dengan yang lainnya (tergantung kondisi ekonomi keluarga), namun penting untuk diketahui bahwa masalahnya bukan pada berapa besar uang yang dimiliki, tetapi bagaimana Anda dapat mengaturnya agar lebih optimal. Berikut ini adalah tips dan cara mengatur keuangan yang baik untuk mahasiswa yang dapat Anda ikuti:

1. Perencanaan Anggaran
Merencanakan alokasi keuangan sangatlah penting, tidak peduli darimanapun uang itu berasal, tetapi perencanaan anggaran sangatlah penting. Setiap awal bulan Anda dapat membuat perencanaan ulang yakni dengan menuliskan rencana dan tujuan penggunaan uang tersebut, misalnya berapa kebutuhan untuk makan, membayar kos, memenuhi kebutuhan kuliah, menabung dll.

2. Membuat Pencatatan Keuangan
Untuk membuat pencatatan keuangan tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, Anda hanya perlu mencatat darimana dan berapa uang yang masuk dan berapa serta untuk apa uang yang dikeluarkan. Ini sangat penting untuk evaluasi di kemudian hari dan menghindari hal-hal yang mubadzir untuk terulang kembali pada waktu berikutnya.

3. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan
Setiap orang tentu memiliki kebutuhan dan keinginan, dalam kondisi ini Anda harus pandai dalam membedakan manakah yang menjadi kebutuhan dan hanya sekedar keinginan. Biasanya ketika ada banyak uang ditangan, keinginan ini dan itu mulai muncul, sebelum membelanjakannya prioritaskan terlebih dahulu kebutuhan Anda (termasuk menabung) baru setelah ada sisa dapat dialoksikan untuk memenuhi keinginan.

4. Membuka Rekening
Rekening sangat penting, selain untuk menerima kiriman dari orang tua, rekening juga dapat berfungsi sebagai tabungan, sebab jika uang tabungan dipegang tentu akan muncul banyak keinginan, oleh karenanya sangat dibutuhkan wadah untuk menampungnya.

Demikian Tips mengatur keuangan yang baik untuk mahasiswa, mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply