Cara Menghilangkan Bau Badan

Cara Menghilangkan Bau Badan – Secantik dan seganteng apa pun penampilan Anda, tapi kalau Anda memiliki bau badan, tentu saja semua orang tidak akan senang.  Bahkan orang bisa menjauhi Anda.

Masalah bau badan ini tidak hanya menyerang orang yang jarang membersihkan diri saja, tapi juga sebagian orang yang bermasalah dengan keringat. Meskipun sudah memakai parfum dan deodorant, tetap saja bau tidak mau hilang. Sangat menyebalkan, bukan?

Bau badan sebenarnya bisa muncul kapan pun. Mulai dari saat Anda sedang nervous,  ketakutan, berkeringat dan tubuh mulai hangat, dan bahkan saat sedang stres. Dalam situs Mayo Clinic, sebenarnya kita memiliki dua macam kelenjar keringat dan memproduksi jenis keringat yang berbeda. Keduanya sama-sama tidak mengeluarkan bau. Namun keringat yang diproduksi di area ketiaklah yang menyebabkan bau badan karena terkontaminasi bakteri di kulit. Disamping itu, munculnya bau badan dan keringat berlebih ini juga bisa digunakan sebagai penanda suatu penyakit.

Gejala yang Muncul

Beberapa orang berkeringat lebih banyak atau sedikit. Semuanya berbeda-beda. Jika Anda menemukan gejala yang diulas di Mayo Clinic berikut, sebaiknya segera hubungi dokter.

  • Berkeringat lebih banyak atau lebih sedikit secara tiba-tiba.
  • Keringat benar-benar mengganggu aktifitas Anda.
  • Anda berkeringat saat malam hari tanpa alasan yang jelas.
  • Anda mencium ada perubahan bau di tubuh Anda.

Penyebab Bau Badan

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Dua tipe kelenjar keringat: Kelenjar Eccrine dan kelenjar Apokrin yang memilki fungsi berbeda. Kelenjar Eccrine muncul di hampir semua anggota tubuh Anda di permukaan kulit. Sementara kelenjar Apokrin sendiri muncul di area sekitar folikel rambut seperti ketiak dan  pangkal paha.

Saat suhu tubuh Anda sedang naik, kelenjar Eccrine akan mengeluarkan cairan ke permukaan kulit yang nanti akan mendinginkan tubuh dan membiarkannya menguap. Cairan ini biasanya berisi air dan garam. Sementara kelenjar Apokrin menghasilkan keringat di area tertutup dan ia muncul saat Anda sedang stres. Keringat ini sebenarnya tidak bau, cuma kalau bercampur dengan bakteri di kulit akan berbeda.

Penanganan Dokter

Apa bila Anda sudah melakukan berbagai macam cara menghilangkan bau badan namun belum juga berhasil, Anda kemungkinan harus menjalani serangkaian observasi seperti riwayat sakit yang anda derita dan latihan fisik. Dokter mungkin akan meminta tes darah atau tes urine untuk melihat masalah yang muncul di dalam tubuh. Mungkin saja Anda mengalami infeksi, diabetes atau hyperthyroidism (tiroid terlalu aktif).

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Banyak sekali pria dan wanita yang membeli deodorant yang tidak hanya berfungsi menghilangkan bau badan, tapi juga memutihkan ketiak. Sayangnya, cara ini jarang sekali berhasil. Alih-alih bau badan berkurang, mereka justru semakin banyak berkeringat dan justru mengalami reaksi alergi.

Beberapa cara menghilangkan bau badan bisa Anda mulai dengan menerapkan prosedur berikut ini:

Rajin Mandi

Rajin mandi adalah cara yang efektif untuk menghilangkan kotoran dan kuman jahat yang menempel di tubuh. Dengan cara ini, Anda memperkecil kemungkinan keringat di ketiak bercampur dengan kuman. Sebaiknya Anda memakai sabun anti bakteri untuk menekan pertumbuhannya di kulit.

Pilih Pakaian yang Cocok dengan Aktifitas

Untuk pakaian sehari-hari, gunakan bahan berserat alami seperti katun, sutera dan wool. Ini akan membiarkan tubuh Anda berkeringat dan bernapas dengan baik. Saat Anda sedang berolahraga, lebih baik pakai synthetic untuk menghilangkan kelembapan yang berlebihan.

Pakaian yang Bersih

Pastikan selalu memakai pakaian bersih dan wangi. Termasuk celana dalam dan jeans. Dua item baju ini sering menimbulkan bau badan saat Anda tidak menggantinya selama beberapa hari.

Cobalah Teknik Relaksasi

Olahraga seperti Yoga, meditasi atau biofeedback bisa menjadi pilihan jitu agar Anda terhindar dari stress. Cobalah selalu latihan mengendalikan emosi.

Rubah Pola Makan

Minuman berkafein, makanan pedas dan makanan yang berbau menyengat baiknya dihindari karena bisa menimbulkan bau tak sedap. Makanlah sayur dan buah yang banyak. Sebisa mungkin hindari juga makanan berlemak. Ini selain membuat bau badan taks edap, tapi juga menimbulkan obesitas dan kurang sehat untuk jantung.

Pakai Antiperspirant

Antiperspirant mengandung senyawa aluminium  yang membantu memperkecil pori-pori penyebab keringat dan menekan produksi keringat.

Pakai Deodorant

Sementara untuk deodorant, produk ini berdungsi menghilangkan bau. Hanya saja produk ini sering terbuat dari alkohol sehingga mengganggu tingkat keasaman kulit dan membunuh bakteri. Tidak hanya itu, deodorant juga sering mengandung parfum. Bagi yang berkulit sensitif, tentu saja ini tidak disarankan.

Apa bila dua produk di atas masih juga tidak mampu meredakan bau badan, doktor akan meresepkan aluminium chlorida seperti Drysol dan Xerac AC. Selain itu, dokter kemungkinan juga akan mengutamakan penyelesaian sumber bau yang kerap muncul di badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here