Cara menghilangkan ketombe

Ketombe ditandai dengan pengelupasan kulit dan sering kali berbentuk serpihan warna putih di kepala. Keberadaan ketombe ini sebenarnya bukan penyakit kronis, hanya saja sangat menganggu penampilan. Terutama saat memakai baju warna hitam. Ketombe muncul di area bahu, leher dan kepala. Karena itu, tidak jarang orang mencoba berbagai cara menghilangkan ketombe baik secara alami atau menggunakan perawatan dari dokter spesialis.

Apa yang Menyebabkan Ketombe Menjadi Parah?

Dilansir dari situs kesehatan Webmd, ketombe atau dandruff kemungkinan disebabkan oleh eksim yang menyebabkan pengelupasan sel kulit normal. Selain itu, ketombe ini juga diakibatkan oleh infeks jamur, hormon dan juga perubahan musim, sehingga mengakibatkan ketombe semakin parah.

Apa Saja Gejala Ketombe?

Gejala ketombe sangat mudah dikenali, yakni berupa pengelupasan kulit mati yang berwarna putih. Akibatnya, kulit kepala terasa sangat gatal dan terasa kering serta berminyak.

Cara Menghilangkan Ketombe yang Paling Tepat

Ada banyak sekali obat ketombe yang tersedia di pasaran. Sayangnya tidak semua produk bisa menyelesaikan permasalahan ketombe Anda.

Pada dasarnya, ketombe bisa dikendalikan, namun untuk penyembuhannya juga memerlukan trial-error. Umumnya, shampoo ketombe lebih banyak fokus pengurangan minyak dan pengelupasan kulit. Dalam hal ini, tidak semua shampoo anti-dandruff bekerja dengan baik. Anda harus terus mencobanya sampai menemukan yang paling tepat.

Perlu diingat, saat muncul tanda kulit kemerahan, gatal dan rasa terbakar, segera hentikan pemakaian produk. Bila muncul reaksi alergi misalnya mengalami sesak napas. Segeralah hubungi para medis saat menghadapi hal ini. Beberapa jenis shampoo berikut ini bisa Anda coba:

Shampoo Pyrithione zinc

Shampoo ini mengandung bahan anti bakteri dan juga zinc pyrithione. Shampo jenis ini mampu menguragi jamur penyebab ketombe.

Shampoo Berbahan Tar

Shampoo jenis ini digunakan untuk ketombe, psoriasis, seborrheic dan dermatitis. Cara kerjanya dengan memperlambat kematian sel dan pengelupasan kulit. Hanya saja shampoo ini membuat rambut mengalami perubahan warna.

Shampoo yang Mengandung Asam Salisilat

Produk yang mengandung bahan ini mampu mengurangi ketombe, hanya saja shampoo ini membuat kulit kepala semakin kering. Karena itu, Anda sebaiknya memakai conditioner untuk mengatasinya.

Shampoo yang Mengandung Selenium Sulfida

Shampo ini mampu memperlambat pengeringan sel kulit dan juga mengurangi malassezia. Pastikan Anda menggunakannya sesuai petunjuk penggunaan karena produk ini bisa membuat warna rambut pudar. Selain itu pastikan juga Anda membilas rambut dengan benar.

Shampoo Ketoconazole

Shampoo ini dianggap paling ampuh membasmi jamur di kulit kepala. Sayangnya shampoo ini harus menggunakan resep dokter untuk mendapatkannya di apotik.

Dalam situs Mayo Clinic, ada beberapa bahan yang digunakan untuk shampoo anti ketombe. Jadi pastikan Anda menemukan bahan-bahan berikut ini:

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Ada beberapa cara menghilangkan ketombe. Bahan-bahan ini menggunakan berbagai bahan yang ada di dapur. Seperti berikut ini:

Garam

Ternyata garam juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe parah. Garam dapur sangat baik untuk mengangkat ketombe sebelum Anda memakai shampoo di kulit kepala. Ambil sejumlah garam di kulit kepala kemudian gunakan di kulit kepala Anda. Anda bisa mencampurnya dengan air kemudian mengoleskannya di atas kulit dan memberikan sedikit pijatan. Biarkan sebentar, kemudian keramaslah seperti biasanya.

Lemon

Cara alami menghilangkan ketombe lainnya yaitu dengan menggunakan lemon. Ambil dua sendok sari lemon dan oleskan di kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air. Lakukan cara ini sampai ketombe di kulit kepala menghilang. Asam yang terkandung di dalam lemon membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala sehingga ketombe tidak kembali lagi. Perlu diingat, asam ini kadang menimbulkan rasa perih pada bekas luka. Pastikan Anda tidak menggaruk kulit kepala terlalu keras.

Minyak Kelapa

 

Siapa sangka kalau minyak kelapa dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe paling tepat. Selain mampu menghitamkan rambut, minyak kelapa memberikan bau yang enak dan membuat kulit kepala serta rambut terasa lembab.

Sebelum keramas, tuangkan 3-5 sendok makan minyak kelapa di kulit kepala, kemudian pijat lembut. Biarkan selama satu jam dan keramas seperti biasa. Kalau cara ini terlalu ribet, pilih shampoo yang mengandung minyak kelapa. Ini bisa jadi alternatif.

Cuka Apel

Cuka apel ini ternyata direkomendasikan oleh Dr. Mehmet Oz. Ia menyarankan memakai cuka apel untuk menghilangkan ketombe dengan mecampurkan 1/4 cangkir cuka apel dan secangkir air. Masukkan ke dalam botol spray kemudian spray di kulit kepala. Tutup kepala dengan handuk rapat-rapat kemudian diamkan selama 15-1 jam. Setelah ini keramaslah seperti biasa. Lakukan cara menghilangkan ketombe ala Dr. Oz ini dua kali satu minggu. Asam dalam cuka apel akan menyeimbangkan pH kulit kepala.

Pastikan Anda juga menjaga kebersihan rambut dan makan yang bergizi. Bila ketombe semakin buruk, segera hubungi dokter spesialis terdekat. Semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here