Cara Menghilangkan Selulit

Ada gak dari kamu yang memiki selulit? Selulit itu apa sih? Selulit itu timbunan lemak yang terbentuk di bawah kulit sehingga permukaan kulit terlihat tidak mulus (biasanya seperti guratan pada kulit jeruk). Coba dicek, kalau di kulitmu ada guratan berwarna putih, itu adalah selulit. Selulit alias stretch mark ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti obesitas atau hormonal. Paha, bokong, ketiak, betis dan bagian-bagian tubuh yang jarang bergerak sangat rentan akan timbulnya selulit tersebut. Kenyataannya, selulit gak cuma dialami oleh para wanita, kaum pria bahkan anak-anak mungkin saja memilikinya. Kalau si stretch mark atau selulit ini ada di bagian yang mudah terlihat, pasti deh bikin malu dan mengurangi kepercayaan diri. Untungnya stretch mark pada wanita berhijab pasti tidak terlihat, tapi kalau akhirnya dipinang, kan malu sama pasangan. Hayoo, gimana?! Sayangnya penggunaan krim anti selulit dikhawatirkan memiliki efek samping jangka panjang.

Hijapedia It's Your Community (9)

Tapi tenang, ada beberapa cara tradisional yang aman dicoba di rumah.

  1. Terapkan pola hidup sehat. Olah raga rutin, istirahat cukup, makan makanan yang bergizi. Klise, ya? Memang! Tapi cara-cara itu yang jelas ampuh untung menghilangkan serta mencegah selulit datang lagi. Karena sebelum menghilangkan selulit, kita harus menghilangkan timbunan lemak yang ada dalam tubuh terlebih dahulu, kalau tidak selulit pasti akan muncul lagi.
  2. Hindari konsumsi gula dan garam secara berlebihan. Apa sih hubungan gula dan garam dengan selulit?! Nih ya, gula dapat membentuk timbunan lemak yang sulit dibakar kalau kamu gak rajin berolahraga, sedangkan garam dapat menyumbat sel-sel pembuluh darah sehingga dapat memperparah keadaan selulit di kulitmu. Jadi, konsumsi gula dan garam secukupnya saja!
  3. Hindari junk food, makanan berminyak dan berlemak. Asupan nutrisi yang kamu konsumsi harus sangat diperhatikan. junk food, makanan berlemak dan berminyak membuat timbunan lemak di tubuhmu semakin parah, bila benar-benar ingin menghilangkan selulit sebaiknya atur lah pola makan sehatmu.
  4. Oleskan cuka apel. Cuka apel sangat baik untuk menghilangkan selulit dan stretch mark. memang membutuhkan proses dan tidak instan, tapi pemakaian berkala akan membuat selulit dan stretch mark menghilang perlahan. cara pemakaiannya sangat mudah: oleskan cuka apel ke bagian tubuh yang berselulit sebelum tidur, diamkan dan bersihkan keesokan paginya.
  5. Oleskan wortel. Kandungan dalam wortel dipercaya dapat menghilangkan stretch mark. Caranya: rebus wortel hingga lunak, lumatkan, tempelkan secara merata pada bagian yang berstretch mark, lalu bungkus dengan plastik cling wrap.
  6. Scrub kopi. Campuran kopi, minyak zaitun, dan putih telur dipercaya dapat menghilangkan selulit. Caranya: Campurkan 1 cangkir ampas kopi yang masih baru, 1 putih telur, 1 sendok makan minyak zaitun, gosok dan pijatkan ke bagian tubuh yang berselulit, kemudian bilas. Ramuan ini juga bisa dioleskan ke selulit, lalu ‘bungkus’ dengan plastik cling wrap dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan ini 3 kali seminggu.

Baca juga: Waspadai Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Sudah tau bagaiman cara menggilangkannya kan, yuk dicoba. Semoga bermanfaat! (@avionissa)

Leave a Reply