Cara mengobati kolesterol secara alami- Kesehatan adalah kebutuhan setiap orang dimanapun mereka berada, dengan memiliki  jiwa raga yang sehat maka hal lainpun dapat dijalankan, bayangkan jika kita mengidap sakit dalam satu hari saja pasti kita akan merasa rugi karena aka nada beberapa aktivitas kita yang terhambat karena sakit, maka dari itu jika saat ini Anda sedang dalam keadaan sehat segeralah bersyukur atas kesehatan yang masih Anda miliki.

Kenali dampak dari bahaya kolesterol tinggi dan cara mengobati kolesterol

Diantara banyaknya penyakit angka untuk penyakit kolesterol termasuk tinggi di Negara Indonesia, mengapa? Karena hampir seluruh masyarakat Indonesia sangat menggemari jenis makanan yang mengandung kolesterol, salah satunya adalah gorengan, siapa yang tidak suka dengan jenis makanan yang satu ini, tapi apakah hanya gorengan yang dapat menyebabkan kolesterol menjadi tinggi? Jawabannya tentu saja tidak, telur ayam dan masakan seafood adalah salah satu yang juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Cara mengobati kolesterol

Lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormone itulah yang disebut kolesterol . Kolestrol  normal  seseorang umumnya harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka ada kemungkinan Anda bisa terkena risiko penyakit seperti atau stroke dan serangan jantung. Kolestrol sebenarnya akan secara alami dapat dibentuk oleh tubuh, dan selebihnya kolesterol  di dapat dari makanan hewani, seperti keju, susu, ikan, daging dan unggas. Adapun makanan yang berasal dari sumber nabati, misalnya sayur, buah, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol.

Makanan untuk kolesterol tinggi

Kolestrol  yang  tinggi diketahui sebagai pemicu berbagai macam gangguan kesehatan, seperti gangguan jantung, hipertensi dan stroke. Sebenarnya salah satu unsur yang dibutuhkan oleh tubuh salah satunya adalah kolestrol. tapi, jika kadarnya sangat berlebihan akan menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh. Kolestrol tinggi  pada umumnya diderita oleh orang bertubuh gemuk, namun bukan tidak mungkinan orang yang kurus juga bisa mengalami kolesterol tinggi, apalagi dengan mengonsumsi makanan yang kurang serat namun lemaknya tinggi. Selain dari faktor makanan, kolesterol yang tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor genetika. Oleh sebab itu, baik orang bertubuh kurus ataupun gemuk, baik yang belum pernah menderita kolestrol atau yang sudah pernah mengalaminya, sangat penting untuk menjaga makanan dengan mengurangi kadar kolestrol.

Memulai Gaya Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi:

Pentingnya untuk mengetahui Cara mengobati kolesterol secara alami sangat erat kaitannya dengan memulai gaya hidup sehat , berikut beberapa cara yang bisa dipakai sebagai santisipasi mencegah kolesterol ataupun cara mengobati kolesterol

  1. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat

Telah terbukti bahwa makanan yang kaya akan serat larut dapat menurunkan kolesterol contoh makanan yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol diantaranya seperti ubi, kentang, gandum, wortel, kubis, okra, terong, markisa, jeruk, apricot dan apel.

Penyebab kolesterol

  1. Melakukan olah raga teratur

Dengan rajin untuk berolahraga maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak jahat di dalam tubuh. Lakukanlah olah raga ringan setiap hari seperti jogging minimal 30menit

  1. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Sumber vitamin dari buah buahan dan sayuran  memang kaya manfaat bagi tubuh, Antioksidan yang terkandung di dalam kandungan sayuran berupa manfaat betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E. Kandungan Antioksidan di dalam tubuh berfungsi untuk menangkal radikal bebas, dimana radikal bebas menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya di dalam tubuh. dengan rajin memakan buah dan sayur maka kadar kolesterol dapat lebih terkontrol.

  1. Minyak Zaitun

Cara mengobati kolesterol selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi minyak zaitun, minyak zaitun kaya antioksidan dan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga jika kita mengonsumsinya secara rutin dapat menyehatkan tubuh. Konsumsi  2 sendok makan minyak zaitun dapat dicampur dengan makanan yang Anda makan, hanya saja minyak zaitun tinggi kalori, sehingga ada baiknya minyak zaitun tidak dikonsumsi secara berlebih.

Baca juga : Manfaat jus pare bagi kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here