Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh

Sistem kekebalan tubuh (imun) setiap manusia itu berbeda-beda, ada yang kebal dengan penyakit ada juga yang lemah (rentan) dengan penyakit. Apalagi dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah kadang imun seseorang mudah melemah.

Tubuh (imun) biasanya melemah dikala musim dingin. Hal penting yang harus dilakukan untuk mencegahnya adalah memperkuat sistem imun tubuh. Bagaimana caranya? Ada beberapa cara untuk menjaga sistem imun tubuh.

1.Kurangi asupan alkohol

Pada cuaca dingin atau ketika keluar di malam hari, kita sering mengonsumsi alkohol dengan alasan menghangatkan tubuh. Satu gelas kecil minuman beralkohol saja bisa membuat badan hangat. Tapi ingat, alkohol justru memperlemah sistem imun tubuh. Semakin banyak Anda mengonsumsi alkohol, semakin lemah sistem imun Anda.

2.Kurangi stres

Stres kronis selalu mengakibatkan penurunan fungsi imun. Hidup tanpa stres sepertinya tak mungkin. Tapi jika stres menjadi hal yang rutin Anda alami, sudah saatnya Anda melakukan perubahan. Kurangi stres dengan melakukan relaksasi ketika mandi di malam hari dan tidur lebih dini dari kebiasaan Anda.

3.Banyak mengonsumsi makanan kaya protein

Sistem imun yang baik membutuhkan banyak protein. Untuk memberikan protein yang cukup, tubuh membutuhkan vitamin. Menu makanan pun harus kaya protein, seperti daging, buah, dan sayuran.

4.Konsumsi makanan yang memperkuat imunitas

Bawang putih, bawang bombai, brokoli, wortel, teh, dan jahe bisa menjadi pilihan. Makanan tersebut mampu meningkatkan imunitas.

5.Aromatherapy

Jika Anda ingin membuat udara di ruangan menjadi bersih, gunakanlah aromatherapy. Minyak teh, pepermint, eucalyptus dan cypress adalah pilihan yang tepat. Selain itu, mereka juga memiliki efek menguntungkan bagi sistem imun.

6.Terakhir, sesuatu hal yang sangat mudah kita lakukan setiap saat yaitu dengan tersenyum.  Tersenyum dipercaya dapat menjauhkan penyakit karena pada saat tersenyum tubuh menghasilkan hormon serotonin.  Hormon ini mempengaruhi tubuh untuk bereaksi dengan memerintahkan otak menggerakkan otot-otot tertentu sehingga kita tersenyum.  Hormon yang dilepaskan ini memiliki efek menenangkan bagi tubuh.  Hal ini bisa kita rasakan.  Saat tersenyum muncul beragam perasaan positif dalam diri, diantaranya senang, cenderung rileks, santai, pikiran lebih terbuka dan hilangnya perasaan cemas.

Ketika merasa tak sehat, cobalah tersenyum. Pikiran kita memiliki peranan penting untuk menyehatkan tubuh. Kebahagiaan dan emosi positif juga menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan kita.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk para pembaca semua!

Leave a Reply