Cara Merawat Alat Make-Up Agar Tidak Cepat Rusak dan Berjamur

Cara Merawat Alat Make-Up agar Tidak Cepat Rusak dan Berjamur. Sebagai wanita, sudah kodratnya untuk selalu mempercantik diri. Oleh karna itu, para wanita termasuk Anda sudah pasti memiliki peralatan make-up yang berfungsi untuk menunjang penampilan Anda. Meskipun tidak semua wanita memiliki peralatan make-up yang lengkap, tetapi sudah pasti memiliki alat make-up dasar seperti bedak, lipstick, dan blush on.

Meskipun alat make-up atau kosmetik yang Anda miliki tidaklah sebanyak peralatan make-up professional, tetapi tetaplah harus dijaga kebersihan dan kualitasnya. Hal ini disebabkan, make-up tersebut akan bersentuhan langsung dengan kulit wajah Anda. Sehingga apabila tidak dijaga kebersihan dan kualitasnya pasti akan menimbulkan kerusakan pada produk kecantikan Anda.

Kerusakan yang yang biasanya terjadi pada alat make-up adalah munculnya jamur yang akan berdampak langsung pada wajah Anda. Munculnya jamur  pada alat make-up diakibatkan oleh setelah penggunaan, alat tersebut tidak lekas dibersihkan atau bahkan dibiarkan sampai berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Sebelum mulai membersihkan peralatan make-up Anda, Anda harus mengetahui apa saja yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan tersebut. Tentu tidak harus produk pembersih yang mahal dan sulit dicari, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang anda miliki di rumah, antara lain:

  • Facial foam/Sabun wajah. Facial foam bisa digunakan dengan alasan kelembutannya. Jika bahan ini lembut untuk wajah, tentunya juga aman untuk peralatan make up.
  • Shampoo. Shampoo bisa juga anda gunakan sebagai bahan pembersih, apalagi jika itu shampoo bayi. Alasan bisa dipakainya shampoo ini juga karena kelembutannya.
  • Sabun cuci piring dan minyak zaitun. Campuran antara sabun cuci piring dengan minyak zaitun ternyata merupakan solusi yang baik untuk membersihkan peralatan make-up. Sabun piring yang mengandung antibakteri dan juga minyak zaitun yang berfungsi sebagai conditioner adalah perpaduan yang tepat dan tentunya juga lembut untuk peralatan make-up anda.

Berikut, penjelasan mengenai tips bagaimana langkah-langkah membersihkannya. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara membersihkannya, ikuti petunjuknya berikut ini:

1. Untuk membersihkan peralatan yang berupa kuas-kuas dan sikat atau brush:

  • Basahi peralatan tersebut dengan kucuran air hangat yang mengalir, dengan pembersihan di bawah kucuran, kotoran akan ikut hilang bersama aliran air.
  • Jangan sampai direndam, karena kotoran yang menempel tidak akan hilang jika hanya direndam, dan lagi bulu kuas juga akan mudah rontok.
  • Pegang bagian gagangnya dan pastikan hanya bulu kuasnya saja yang terkena air. Karena biasanya jika gagang kuas yang terbuat dari logam terkena air, maka akan terjadi karatan yang tentunya akan mempercepat kerusakan kuas anda.

2. Untuk peralatan make-up yang berupa sponge:

  • Basahilah keseluruhan bagiannya dan berikan pembersih sehingga jika anda menekan-nekannya maka akan keluar busanya.
  • Setelah dirasa bersih, bilaslah dengan air bersih juga memakai air yang mengalir.
  • Setelah itu, letakkan peralatan tersebut dan biarkan kering secara alami, jangan menggunakan pengering. Untuk tahap pengeringan ini, terutama untuk jenis peralatan berupa kuas, mungkin membutuhkan waku yang lebih lama.
  • Anda harus benar-benar sabar menunggu sampai peralatan anda benar-benar kering untuk dapat memakainya kembali. Resiko jika anda tetap nekat memakainya dalam keadaan masih basah, maka peralatan anda akan menjadi bau.

Peralatan make-up anda sebaiknya diberikan perawatan minimal satu bulan sekali. Tetapi jika peralatan itu sangat sering digunakan, maka harus lebih sering lagi frekuensi perawatannya. Semua bergantung dari pemakaian alat make-up tersebut. Selamat mencoba Cara Merawat Alat Make-Up agar Tidak Cepat Rusak dan Berjamur, semoga bermanfaat ya Sisters :)

Leave a Reply