Cara Mudah Mendapatkan Modal Bisnis

Cara Mudah Mendapatkan Modal Bisnis. Perempuan terjun ke dunia bisnis? Why not? Bisnis bukanlah barang tabu bagi perempuan. Bahkan, saat ini kita melihat bahwa kaum hawa semakin gesit merebut peluang pasar di dunia bisnis. Coba saja perhatikan owner toko online dan olshop di internet. Rata-rata pemiliknya adalah kaum perempuan yang penuh percaya diri menjalankan bisnisnya dari rumah.
Nah, Sisters juga tertarik untuk terjun ke dunia bisnis? Tapi masih terkendala dengan modal? Dalam artikel ini kita akan mencoba mengulas bagaimana cara mendapatkan modal untuk bisnis. Namun sebelumnya, mari kita lihat apa saja yang perlu diperhatikan dalam manajemen bisnis, khususnya yang berhubungan langsung dengan modal:
1. Kecukupan modal
Dalam manajemen bisnis yang baik, Sister perlu menghitung kecukupan modal yang diperlukan. Modal di sini meliputi modal kerja untuk operasional bisnis. Seperti uang tunai, tempat bisnis, alat-alat usaha dan lainnya. Modal ini sifatnya relatif, dan bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana dan fasilitas yang ada.
2. Dana Cadangan
Dana cadangan penting dipersiapkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk dalam perjalanan bisnis. Terutama untuk 6-12 bulan pertama di mana perputaran omset bisnis masih tersendat.

Baik, selanjutnya mari kita lihat dari mana saja Sister bisa mendapatkan pembiayaan modal untuk bisnis. Berikut adalah beberapa sumber modal yang bisa Sister andalkan:
1. Modal Sendiri
Sumber modal terbaik adalah dari kantong Sister sendiri. Jika sister adalah satu-satunya penanam modal pada bisnis yang akan dijalankan, maka sister adalah pemilik tunggal pada bisnis tersebut. Sister akan lebih mudah dalam pengelolaan modal nantinya. Apakah sister memiliki cukup modal untuk menjalankan bisnis? Coba lihat kembali kemampuan keuangan sister. Adakah simpanan yang bisa dicairkan? Adakah aset tidak produktif yang bisa dijual dan dialihkan sebagai modal?
2. Mencari Pinjaman
Jika modal sendiri tidak memadai, Sister bisa mencoba mencari pinjaman modal. Sister bisa mencoba mengajukan pinjaman pada perorangan, koperasi, ataupun lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman modal. Dalam meminjam modal Sister perlu juga mempertimbangkan sistem pengembaliannya apakah berbunga atau dengan sistem bagi hasil? Sebaiknya sister memilih pinjaman yang menawarkan sistem bagi hasil, karena jauh lebih adil dan menentramkan.
3. Kongsi (kerja sama)
Cara ketiga adalah dengan mengajak pihak lain untuk ikut menanamkan modal pada bisnis Anda. Keuntungan bisnis nantinya menjadi milik bersama dan dibagi berdasarkan kesepakatan atau perjanjian pembagian keuntungan yang perlu disepakati di awal. Cara ini bisa Sister pilih jika tidak memiliki modal sendiri.

Semoga informasi mengenai cara mudah mendapatkan modal bisnis bermanfaat bagi sister yang ingin memulai bisnis!

Leave a Reply