Chatting? Apa Sih Untung nya?

Chatting, siapa yang hobby chatting disini?
Saya mungkin adalah salah satu orang yang akan tunjuk tangan jika ditanya hal itu. Ya, chatting juga salah satu hobby saya. Mungkin hobby kamu juga. Ya kan? Ngaku… hehe

Hmm.. chatting merupakan percakapan dua orang/lebih di sebuah media sosial. Banyak bertaburan media-media sosial yang menyediakan layanan chatting.. Lalu bagaimana hobby chatting ini? Baik atau buruk?

Kalau untuk penulis sendiri, hobby chatting itu ada plus minusnya, ada positif dan negatifnya. Nah kalau untuk positifnya chatting adalah salah satu cara untuk mengenal banyak orang diluar sana, bahkan yang berbeda negara, berbeda benua dengan kita, beda bahasa (mungkin sekaligus melancarkan bahasa inggris, hehe) bertukar pendapat, bertukar pikiran, ini merupakan bagian dari menambah wawasan, menambah teman.

Lalu bagaimana dampak negatif dari hobby chatting ini?
Well.. chatting bisa jadi berdampak negatif jika teman maya yang kita temui ini melakukan modus-modus kejahatan atau kecurangan didunia maya, yang bahkan ini tidak kita sadari. Karena itu kita harus hati-hati dan selektif memilih teman chatting, karena bisa jadi pada suatu keadaan kita tidak bisa mengendalikan diri kita atas pengaruh negatif teman maya kita itu. Atau bisa jadi dampak negatif itu berasal dari diri kita sendiri yang dengan mudahnya terpengaruh tanpa ada filter sendiri saat komunikasi terjadi. Ini bahaya ya.. bisa jadi kerugian buat kita dan ini nyata karena sudah banyak kasus-kasus diberita yang mengabarkan kejahatan dunia maya. Ih. Serem.

Yup, kembali lagi kepada diri kita, jadikan setiap hobby atau kebiasaan yang kita sukai adalah suatu hal yang memang manfaat dan jauh dari kerugian. Kita sudah bisa menilai mana yang baik dan yang buruk, karena itu jika sudah ada indikasi mengarah kearah negatif langsung tinggalkan saja, close and sign out. Oke..

So.. finallly, chatting is not always bad… it will be bad if you can’t differentiate between good and bad. 😉

Baca juga:
Hal Positif dari Hobi Belanja
Lakukan 5 Hobi Sederhana Ini untuk Menghilangkan Stres

One Comment

  1. Good, i’m agree with you. Memilih teman chattinhg adalah salah satu cara terbaik tuk menjadikan chatting itu lbh bermanfaat bkn hanya ngehabisin waktu dan kuota. Heeee….he…..

Leave a Reply