Coklat : Manis Pekat Kaya Manfaat

Siapa yang tidak suka dengan si manis pekat satu ini? Yap! Coklat adalah rasa paling dikenal di seluruh dunia dan hampir mustahil orang tidak suka dengan rasanya. Coklat terkenal dengan rasa khas nya yang olahannya bisa dimakan sebagai manisan, minuman, makanan, dan bahkan produk kecantikan. Hijapedia kali ini merangkum berbagai khasiat coklat untuk kamu ketahui. Simak ya!

  1. Mood Booster

Satu yang paling terkenal dari khasiat coklat adalah sebagai makanan yang dipercaya mampu membuat kita lebih rileks. Kandungan senyawa serotonin dan dopamine yang ada pada coklat dipercaya berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia dan nyaman seseorang.

  1. Mencegah penyakit jantung dan kolesterolHijapedia It's Your Community (20)

Terutama pada dark chocolate atau dikenal sebagai coklat hitam, di mana rasanya yang cenderung pahit karena sangat sedikit kandungan gula dan susunya, coklat bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung coroner dan serangan jantung. Selain itu coklat dapat menurunkan kadar kolesterol atau lemak jahat dan meningkatkan lemak baik.

  1. Manfaat bagi otak

Senyawa flavonoid yang terkandung di dalam sangat baik untuk tubuh, salah satunya untuk melancarkan pembuluh darah di otak. Dilansir oleh The Asian Parent, para peneliti di John Hopkins University menemukan bahwa coklat dapat melindungi sel saraf di otak dari kerusakan saat terjadi stroke. Selain itu coklat juga dapat meningkatkan memori otak.

  1. Menurunkan tekanan darah / hipertensi

Senyawa flavonoid dari coklat juga bisa menjadi obat alami untuk menurunkan tekanan darah. Senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan ini dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh sehingga bersifat menurunkan tekanan darah.

  1. Meremajakan kulit

Kandungan anti-oksidan yang terkandung dalam senyawa flavonoid mampu meremajakan kulit. Produk olahan masker atau lulur coklat bisa membantu kulit agar kembali segar. Memakan olahan coklat juga bisa membantu kulitmu lho!

  1. Mengangkat sel kulit mati sebagai scrub alami

Menjadikan coklat sebagai scrub adalah pilihan yang tepat. Selain akan mencerahkan kulit, coklat juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati di dalam tubuh. Cukup lelehkan coklat, bisa dicampur dengan susu, lalu oleskan pada muka dan seluruh badan.

  1. Melawan sel kanker

Dilansir oleh The Asian Parent, coklat terbukti mampu melawan sel kanker dengan menghambat pembelahan sel nya dan mengurangi peradangan. Oleh karenanya konsumsi coklat sangat baik bagi mereka cancer survailance.

  1. Mencegah kerusakan gigi

Masih dilansir oleh The Asian Parent, berdasarkan sebuah penelitian, kandungan theobromine dalam coklat justru mampu mencegah kerusakan gigi dengan cara menghilangkan bakteri streptokokus mutans, yakni bakteri yang bersarang dalam rongga mulut.

Gimana? Masih punya alasan untuk berhenti makan coklat? Kalau begitu gunakan saja coklat untuk penggunaan luar tubuhmu, masih tetap ada manfaatnya kan, Sisters!

Leave a Reply