Dampak buruk gadget bagi anak dan cara mengatasinyaPada era pesatnya perkembangan tekhnologi saat ini fenomena anak bermain gadget memang marak ditemukan dimana saja bahkan tidak jarang kita melihat anak yang bermain gadget adalah anak yang masih dibawah umur, peran orang tua dalam menghadapi anak yang bermain gadget tentunya sangat penting oleh karenya orang tua sebaiknya selalu mendampingi apabila anak sedang bermain gadget serta mengetahui pula dampak buruk apa saja yang dapat ditimbulkan ketika anak dapat dengan bebas bermain gadget.

Gadget memang merupakan benda yang saat ini tak terhindarkan dari kehidupan kita sehari-hari tingginya kebutuhan kita untuk berkomunikasi, berinteraksi dan mencari informasi semakin memperkuat bahwa seseorang perlu untuk memakai gadget, namun bila gadget digunakan oleh anak–anak yang masih dibawah umur tentunya akan membawa pengaruh pengaruh tertentu yang mungkin bisa saja mengganggu tumbuh kembangnya.

Dampak buruk gadget bagi anak dan cara mengatasinya

Pengaruh dan dampak buruk gadget bagi anak

  1. Gangguan mata

Terlalu sering menatap layar gadget otomatis refleks untuk kedipan mata menjadi berkurang oleh karena hal tersebut lapisan air mata menjadi lebih mudah menguap dan sangat rentan membuat mata kering.

  1. Bahaya radiasi

Berdasarkan hasil sebuah riset, paparan radiasi dari gadget sangat berbahaya bagi perkembangan dan kesehatan anak. Radiasi gadget beresiko mengakibatkan gangguan terhadap system imun anak dan perkembangan pada otak anak.

  1. Anak menjadi kurang gerak

Anak yang terlalu nyaman bermain gadget cenderung kurang aktif melakukan gerakan tubuh, hal ini tentu memiliki dampak buruk bagi anak yaitu terhambatnya perkembangan mereka yang pada akhirnya membuat kemampuan berbahasanya menjadi berkurang serta menurunnya prestasi disekolah.

  1. Gangguan tidur pada anak

Biasanya anak akan merasa lebih leluasa bermain gadget dimalam hari apalagi jika anak sudah bisa tidur dikamarnya sendiri, hal ini tentunya mempengaruhi jam tidur mereka dan membuat anak memiliki gangguan tidur. Peran orang tua dan pengawasan yang cukup ketat tentu diperlukan dalam hal ini agar anak tidak memiliki kebiasaan buruk bermain gadget sebelum tidur.

  1. Berkurangnya kemampuan bersosialisai

Anak-anak perlu memiliki kemampuan untuk membaca emosi orang lain caranya tentu dengan melakukan interaksi langsung dengan bertatap muka, bagi anak yang memakai gadget memang masih bisa bersosialisasi dengan melakukan hubungan melalui aplikasi yang ada, namun demikian tetap saja interaksi yang dilakukan secara langsung dengan cara bertatap muka tetap lebih baik untuk anak.

  1. Berprilaku agresif

Tayangan – tayangan yang berisi kekerasan beresiko membuat anak menjadi lebih agresif, semakin sering anak terpapar tanyangan kekerasan maka semakin besar pula kemungkinan anak menjadi lebih agresif kepada orang – orang disekitarnya.

  1. Penurunan daya ingat

Tingginya kecepatan pada konten media yang ada di gadget meningkatkan resiko deficit perhatian, ini bisa membuat menurunnya daya konsentrasi dan daya ingat pada anak karena ada bagian otak yang cenderung menyusut untuk fungsi berkonsentrasi dan mengingat.

  1. Candu Gadget

Dampak buruk gadget pada anak selanjutnya ialah adanya kecanduan dan ketergantungan anak untuk selalu memakai gadget terutama bagi anak-anak yang kurang perhatian dari orang tuanya, anak akan cenderung lebih dekat dengan gadget dan seolah-olah tak bisa hidup tanpa danya gadget.

Dampak buruk gadget bagi anak dan cara mengatasinya

Jika anak sudah terkena dampak buruk dari gadget seperti yang sudah disebutkan diatas lalu bagaimana cara mengatasinya? Tidak ada kata terlambat untuk merubah sebuah kebiasaan buruk, selama ada niat dan keinginan yang kuat maka kita bisa untuk membuat sebuah kebiasaan baru yang dapat membawa pada perubahan yang lebih baik untuk kedepannya.

Mengatasi anak yang kecanduan gadget

  1. Luangkan waktu untuk bermain dan berdiskusi dengan anak

Jangan biarkan anak merasa jika gadget yang mereka mainkan lebih asyik dibanding dengan bermain bersama orang tuanya, sempatkanlah waktu untuk bermain bersama anak walaupun hanya sebentar, berikan pengertian serta pemahaman dengan cara berdiskusi secara baik baik bahwa sebenarnya ada akibat-akibat yang kurang baik bila mereka terlalu lama dan terlalu sering memainkan gadget, bila perlu berikan ilustrasi berupa gambar atau efek yang dapat ditimbulkan dari pemakaian gadget.

  1. Berikan alternative mainan untuk anak

Saat ini banyak mainan anak yang edukatif sehingg mampu membuat anak untuk lebih pandai dan kreatif, mungkin beberapa orang berpendapat bahwa mainan edukatif cenderung mahal tapi percayalah hal itu tentu akan sebanding dengan manfaat yang didapatkan. Bila anak kurang tertarik dengan mainan edukatif bisa juga diberikan mainan lain yang dapat Anda sesuaikan masing-masing sesuai dengan ketertarikan anak, yang penting anak tidak lagi terlalu sering terpapar gadget setiap harinya.

  1. Berikan batasan waktu bermain gadget dan batasan pemakaian internet

Dalam hal ini kita harus bisa bersikap tegas pada anak, bila telah terjadi kesepakatan antara anak dengan orang tua dalam hal pemakaian gadget dan internet maka kita harus menerapkan kesepakatan tersebut, misalnya kita buat kesepakatan anak hanya boleh bermain gadget pada hari libur dan itupun hanya 2 jam, bila anak melanggar hal tersebut tegaslah dalam mengaturnya, jangan mudah luluh oleh rayuan anak ataupun menjadi mudah marah jika anak sulit untuk diatur, coba bicarakan kembali mengenai kesepakatan tersebut dengan anak, agar anak juga bisa belajar disiplin dalam mematuhi aturan rumah.

Demikian ulasan singkat mengenai dampak buruk gadget bagi anak dan cara mengatasinya. Baca juga artikel tentang 6 Cara Agar Anak Gemar Membaca Al Quran Sejak Dini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here