Dampak Gaya Hidup Modern

Dampak Gaya Hidup Modern. Berbicara mengenai dampak dalam proses kehidupan, apsti ada yang berdampak positif maupun negatif. Arus modernisasi yang tidak dapat terbendung karena kemajuan zaman yang terus bergerak memang memberikan perubahan yang cukup drastis dalam kehidupan kita. Dampak positif yang dirasakan sehari-hari seperti diperolehnya kemudahan dalam berbagai bidang, diantaranya bidang komunikasi dan transportasi, namun disisi lain ternyata menimbulkan dampak yang kurang menguntungkan bagi kehidupan kita. Yaitu dengan munculnya berbagai problem yang semakin kompleks, baik bersifat pribadi maupun sosial.

Manusia modern telah terpedaya dengan pemikirannya sendiri, karena kurang mampu mengontrol gaya hidupnya yang modern sehingga menimbulkan efek samping  yaitu rusaknya lingkungan yang merusak kenyamanan hidupnya sendiri.

Kehidupan yang terlalu berorientasi kepada kemajuan dalam hal material yang saat ini dianggap sebagai kebutuhan biologis telah menelantarkan kebutuhan rohaniah, sehingga terjadi kemiskinan rohaniah dalam diri manusia itu sendiri. Kondisi seperti inilah yang sangat kondusif berkembangnya masalah-masalah pribadi dan sosial yang diekspresikan dalam kondisi psikologis yang tidak nyaman, seperti mudah mengalami stress, penyimpangan moral, atau pelanggaran terhadap nilai-nilai kebenaran.

Sudah banyak dilakukan penelitian terhadap gaya hidup masyarakat barat, dan hasil tersebut menyatakan bahwa akibat dari gaya hidup modern seperti di negara-negara maju/industrial adalah banyaknya muncul problem pribadi dan sosial yang cukup kompleks, prblem yang dimaksud adalah :

  • Mengalami ketegangan fisik dan psikis
  • Kehidupan yang serba rumit
  • Kecemasan berlebihan terhadap masa depan
  • Hubungan antar individu yang semakin jauh
  • Mudah menimbulakn rasa terisolir baik dari keluarga maupun masyarakat sekitar
  • Hubungan keluarga yang berjalan tidak harmonis
  • Terjadinya penyimpangan sistem moral kehidupan bermasyarakat
  • Hilangnya nilai-nilai dan norma
  • Hilangnya identitas diri

Itulah sebagian kecil problem yang timbul dari dampak kehidupan modern saat ini. Dari problem yang ada, terlihat bahwa masalah moral saat ini sangat banyak menyita perhatian semua pihak di masyarakat. Oleh sebab itu, pembinaan pondasi agama dan moral di dalam keluarga sangat penting.

Bentuklah keluarga yang dimana setiap anggotanya dapat kembali mengenal nilai dan norma budayanya sendiri. Sehingga, hal ini diharapkan dapat meminimalisir dampak gaya hidup modern yang negatif.

Leave a Reply