Demam Pada Anak? Jangan Panik!

Hal yang paling membuat orang tua resah adalah ketika melihat buah hatinya jatuh sakit. Rasa panik maupun khawatir biasanya melanda para ibu. Salah satu penyakit yang sering diderita oleh anak adalah demam. Terkadang demam masih disikapi secara kurang tepat oleh para orang tua. Oleh karena itu ada baiknya kita lebih dulu mengenali demam pada anak sebelum melakukan tindakan penanganan. Berikut adalah sebuah upaya mengenali demam beserta penanganannya yang dilansir oleh Yayasan Orang Tua Peduli.

Apa itu demam?

Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh mencapai lebih dari 38,5° C selama minimal 24 jam. Demam pada umumnya tidak berbahaya. Tingginya demam tidak berarti penyakitnya semakin parah. Pemberian obat demam bukan untuk menormalkan suhu tubuh, namun untuk menurunkan suhu serta agar anak merasa lebih nyaman (pain killer).

Apa yang harus dilakukan?

Jangan panik, amati perilaku anak sambil mencegah terjadinya dehidrasi dengan memberi lebih banyak cairan seperti ASI, air putih, maupun jus. Jangan berikan obat penurun panas jika suhu tubuh tidak tinggi. Virus dapat tumbuh subur pada suhu rendah. Jika kesadaran anak menurun, segera periksakan ke dokter.

Kapan harus ke dokter?

Bila bayi usia ≤3 bulan suhu tubuh mencapai ≥ 38° C. Usia 3-6 bulan suhu tubuh ≥38,5° C. Bayi dan anak usia ≥ 6 bulan suhu tubuh ≥ 40° C. Kemudian ada kondisi di mana anak tidak mau minum atau sudah dehidrasi. Anak rewel atau menangis terus menerus (ritabel). Anak tidur terus menerus atau susah dibangunkan (lethargic). Terjadi kejang, kaku kuduk di leher, sesak nafas dan gelisah, muntah dan diare, dan sakit kepala hebat.

Kemudian hal yang harus selalu diingat adalah belum tentu anak perlu antibiotik sebagai penanganan. Konsultasikan kembali pada dokter dengan memberi penjelasan lengkap mengenai gejala yang diderita anak. Demam bukan penyakit, melainkan alarm pengingat akan adanya sesuatu yang terjadi pada tubuh. Penyebab utama demam adalah infeksi, terutama inveksi virus. Demam dibutuhkan sebagai salah satu mekanisme membunuh virus, karena virus mati pada suhu tinggi dan mudah berkembang pada suhu rendah.

Semoga semakin banyak orang tua yang bisa mengenali demam lebih jauh serta memberikan penanganan tepat untuk buah hati nya sehingga buah hati bisa terus ceria menghadapi hari-harinya

Leave a Reply