Hal yang Dapat Merusak Hubungan

Memelihara dan merawat hubungan adalah tugas sepanjang masa yang diemban pasangan suami isteri (Pasutri). Untuk mencapai hubungan yang sehat, bahagia dan minim konflik, bukanlah perkara yang mudah. Harus ada kesadaran dari kedua belah pihak untuk itu. Sesuatu yang alamiah ketika manusia belajar dari kesalahan, tapi pada saat yang sama, beberapa kesalahan yang jika tidak disadari bisa merusak hubungan Pasutri. Berikut beberapa di antaranya.

  • Kehilangan kendali. Banyak orang sangat mudah hilang kendali atas dirinya. Padahal saat menikah, berarti Anda sepakat untuk membatasi “kebebasan” Anda untuk mengekspresikan perasaan Anda. Hilang kendali diri merupakan tanda Anda menyepelekan pasangan, atau pasangan menjadi inferior dari Anda. Ketimpangan semacam itu buruk untuk kesehatan hubungan.
  • Kurang komunikasi. Komunikasi adalah satu-satunya jalan bagi kedua pihak untuk saling mengenal dan memahami jalan pikiran masing-masing. Sangat penting mengomunikasikan kebutuhan dan harapan satu sama lain. Kurang komunikasi atau komunikasi yang timpang merupakan elemen yang merusakan untuk hubungan Anda. Nah, gaya berkomunikasi yang sehat haruslah melibatkan respek dan kemauan untuk mendengar.
  • Jangan ada masalah yang mengendap. Saat terlibat pertengkaran, upayakan segera cari solusi atas masalah yang memicu pertengkaran saat itu juga. Jangan pernah menyisakan rasa marah akibat pertengkaran hingga esok hari. Jika terus-menerus terjadi dan diabaikan, hal itu akan mengganggu kestabilan hubungan.
  • Menolak seks. Seks merupakan faktor penting (meski bukan yang utama) dalam hubungan perkawinan.  Jangan menjadikan seks sebagai “alat”, baik itu alat untuk membujuk pasangan agar bersikap atau melakukan sesuatu yang  Anda inginkan. Demikian juga, jangan menolak memberikan seks saat pasangan bersikap atau berlaku yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.  Jangan jadikan seks sebagai bahan yang tabu untuk didiskusikan. Membicarakan keinginan, fantasi atau hal-hal yang disukai atau tidak disukai dalam hubungan seks akan membuat pasangan saling mengerti dan memahami satu sama lain.
  • Kurang romantisme. Banyak hubungan pernikahan yang kering akan. Pasutriseharusnya tidak “menahan diri” untuk mengekspresikan rasa sayang dan cintanya satu sama lain. Bersikap romantis tetap penting dilakukan, meski keduanya sudah memiliki anak banyak atau sudah menikah puluhan tahun.  Faktanya, bersikap romantic merupakan eskpresi paling jujur untuk menunjukkan rasa sayang dan cinta dalam pernikahan.
  • Menyimpan rahasia. Menyembunyikan rahasia dari pasangan merupakan kesalahan paling sering terjadi. Bermain rahasia bisa membuat salah satu pihak merasa diabaikan dan tidak dihargai. Jangan pernah merahasiakan sesuatu dari pasangan, kalau toh terpaksa melakukannya, jangan sampai pasangan tahu jika Anda menyimpan rahasia.

Leave a Reply