Haram kah Parfum Bagi Perempuan?

Assalamualaikum, Sisters! Parfum bagi sebagian perempuan merupakan pelengkap penampilan. Atau bahkan ada pula yang tidak percaya diri jika belum menggunakan parfum atau wewangian di tubuhnya.  Fungsi parfum memang beragam bagi setiap orang. Ada loh yang bahkan hingga gemar mengkoleksi parfum. Jika belum memiliki parfum keluaran terbaru dari merk tertentu, maka belum afdol rasanya. Sebenarnya bagaimana sih Islam memandang hal ini? 

Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pezina.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad. Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’ , no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadits di atas melarang  penggunaan parfum bagi perempuan. Penggunaan parfum dapat mengakibatkan aroma nya tercium oleh lawan jenis sehingga dapat membuat lawan jenis tertarik atau sekedar menoleh ke arahnya. Jika ada lawan jenis yang sampai menolehkan pandangan ke arahnya karena wewangian di tubuhnya, maka hal ini terkategori zina pandangan. Inilah yang dikhawatirkan terjadi jika penggunaan parfum pada wanita dilakukan pada kondisi dan ketentuan yang keliru atau berlebihan.

Namun hal ini bukan berarti perempuan tidak boleh sama sekali menggunakan wewangian. Ada jenis wewangian yang diperbolehkan untuk perempuan. Rasulullah saw bersabda :“Wewangian seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak bau harumnya. Sedangkan wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidak begitu nampak.” (HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman, no.7564; hadits hasan. Lihat: Fiqh Sunnah lin Nisa’, hlm. 387).

Parfum bisa kita kenakan jika wanginya lembut atau tidak menyengat serta penggunaannya tidak berlebihan. Tujuan dan niat menggunakan wewangian pun sebaiknya diluruskan kembali, jangan tujuannya agar tercium oleh orang banyak. Cukup agar aroma tubuh kita tetap segar dan tidak bau. Sebaik-baiknya penggunaan parfum adalah jika itu diperuntukan untuk suami.

Kalau kamu bagaimana Sisters? Seberapa gemar sih kamu menggunakan parfum? Jangan sampai menyalahi aturan Islam yah!

Leave a Reply