Cara Memutihkan Gigi dan Karang Gigi

Apakah Pasta Gigi Pemutih Bekerja Secara Efektif?

Memiliki rambut yang berkilau, kulit cerah dan gigi putih adalah definisi cantik kebanyakan orang. Lalu mereka berlomba-lomba mencapai definisi tersebut dengan berbagai cara. Semua hal ini bisa didapatkan dengan cara yang instan kecuali gigi. Faktanya banyak orang menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk mendapatkan gigi yang putih alami dan sehat. Memang ada sejumlah produk yang bisa memutihkan secara instan, akan tetapi umumnya selalu berakhir dengan kasus gigi sensitif dan berbagai kerusakan lainnya. Dalam situs kesehatan terbesar sekelas Mayo Clini pun, pasta gigi pemutih pada kenyataannya hanya mampu menghilangkan noda di permukaan gigi pada orang yang memiliki kebiasaan merokok dan minum kopi. Namun demikian, cara memutihkan gigi dan karang gigi dengan pasta gigi ini sama sekali tidak bekerja dengan baik. Pasta gigi tidak mampu merubah warna gigi alami.

Dalam penjelasan situs Mayo Clinic ini, pasta gigi pemutih tidak mengandung peroksida. Untuk menghilangkan noda, biasanya pasta gigi pemutih mengandung:

  • Bahan-bahan abrasiv yang memoles gigi dengan lembut
  • Bahan kimia yang mampu menguraikan noda di gigi

Perlu Anda ketahui bahwa pasta pemutih gigi umumnya mengandung blue covarine yang memberikan ilusi optik warna putih, sehingga gigi tidak tampak kuning. Menurut Mayo Clini, penggunaan pasta gigi pemutih membutuhkan enam minggu bila Anda ingin melihat hasilnya. Namun demikian, Anda wajib berhati-hati.

Salah satu tips yang paling disarankan saat memilih pasta gigi pemutih adalah dengan memilih produk yang mendapatkan rekomendasi dari organisasi dokter gigi. Ini mengindikasikan produk yang akan Anda pakai benar-benar aman. Bila Anda tidak puas, Anda bisa langsung menanyakannya pada dokter gigi terdekat untuk melakukan bleaching.

Cara Memutihkan Gigi dan karang Gigi Secara Alami

Beberapa orang lebih menyukai prosedur kuno ketimbang menggunakan bahan kimia atau melalui dokter gigi. Berkunjung ke dokter gigi bagi sebagian orang sangat menakutkan sehingga prosedur hommade whitening teeth lebih mereka sukai. Kalau Anda termasuk salah satu dari mereka, prosedur yang direkomendasikan Webmd ini bisa Anda coba.

Menggunakan Bahan-Bahan di Rumah

anda bisa memakan buah apel, pir dan wortel untuk meningkatkan produksi saliva. Saliva ini membantu Anda menghilangkan kotoran yang bersembungi di gigi. Selain itu, mengunyah permen karet tanpa rasa manis juga menjado cara memutihkan gigi dan karang gigi paling ampuh. Saliva yang diproduksi di mulut ini nantinya akan menetralisir kerusakan gigi.

Mengurangi Resiko Penyebab Gigi Kuning

Membersihkan gigi dari karang dan kotoran yang sudah menempel terlalu lama memang sangat sulit. Karena itu, sebaiknya hindari makanan dan minuman pemicu gigi kuning seperti minuman dan makanan yang mengandung caffein.

Terlebih lagi bila Anda baru saja melakukan prosedur pemutihan gigi. Hindari makanan yang mengandung zat yang merusak warna gigi. Tidak disarankan melakukan prosedur pemutihan gigi terlalu sering karena bisa membuat gigi malah terlihat biru.

Hindari Rokok

Cara memutihkan gigi dan karang gigi selanjutnya adalah berhenti merokok. Memang ini sangat sulit. Akan tetapi kalau Anda ingin gigi putih, hindari ini!

Nah, yang pasti tidak hanya keuntungan  gigi putih, tapi juga kesehatan lainnya bisa Anda selamatkan, mulai dari resiko gingivitis dan kanker paru-paru. Nah, mulai sekarang berhentilah merokok.

Berpikir Sebelum Minum

Ingat! Tidak semua minuman sehat! Ada beberapa jenis minuman yang justru merusak kesehatan gigi dan membuatnya terlihat kuning, misalnya jus cranberry, anggur merah dan juga jus anggur. Ketiga makanan alami ini ternyata meninggalkan noda di gigi. Namun demikian bukan berarti Anda harus berhenti minum-minuman seperti ini, Anda bisa berkumur dengan air putih untuk menghilangkan bekasnya.

Energy Drink dan Minuman Bersoda

Minuman berkategori “energy drink” dan yang manis-manis bisa menyisakan noda di gigi. Hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian yang mana jenis minuman ini, termasuk lemonade, bisa mengerosi enamel gigi di waktu yang panjang. Hasilnya, warna putih bisa memudar. Karena itu, cara memutihkan gigi dan karang gigi paling ampuh adalah menghindarinya atau senantiasa berkumur dengan air putih.

Selalu Rawat Gigi

Merawat gigi tidak hanya sekedar menghindari makanan yang berpotensi merusak gigi saja. Anda juga harus rajin membersihkan gigi dan lidah dengan baik. Setidaknya Anda wajib menggosok gigi pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur. Makanan yang menempel di gigi akan berubah menjadi asam saat tidur sehingga merusak pelindung gigi. Nah, cara memutihkan gigi dan karang gigi yang paling tepat adalah selalu membersihkannya secara rutin.

Terakhir, jangan pernah takut memeriksa kesehatan gigi dengan mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun. Lalai dalam pemeriksaan gigi bisa berakibat fatal. Apa lagi kalau Anda sering terkena sakit gigi. Bisa-bisa nanti terkena infeksi dan menjurus ke penyakit yang lebih parah. Kanker misalnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here