Hobi Berbelanja : Adakah Positifnya?

Hi Sisters! Assalamu’alaikum!

Hobi Berbelanja : Adakah Positifnya? Jika mendengar kata belanja, rasanya hal ini sangat identik dengan perempuan ya. Kebanyakan perempuan sangat menggemari aktivitas ini, bahkan tak sedikit dari mereka menjadikan belanja sebagai hobi . Coba kita telisik, apakah Sisters merupakan salah satunya?

Seseorang yang memiliki hobi belanja adalah mereka yang saat berbelanja menemukan kesenangan sehingga membuat diri mereka rileks dan puas. Mereka yang hobi berbelanja adalah orang yang menikmati seluruh aktivitasnya baik mendatangi pusat perbelanjaan ataupun berburu barang belanjaan secara online, seperti yang sedang marak saat ini.

Hobi berbelanja sendiri bisa memiliki dampak positif dan dampak negatif.  Namun, stigma umum yang berkembang di masyarakat, mereka yang memiliki hobi berbelanja  atau yang sering juga disebut sebagai shopaholic ini, adalah orang yang suka menghambur-hamburkan uang dan cenderung boros. Maka pada umumnya, penilaian orang terhadap seseorang yang memiliki hobi berbelanja lebih cenderung negatif.

Pertanyaannya kemudian adalah apakah mereka yang memiliki hobi berbelanja memang selalu menghasilkan dampak negatif bagi dirinya dan lingkungannya? Kita simak yuk beberapa ulasan di bawah ini.

1.       Belanja adalah olah raga

Seperti yang dilansir oleh fatsecret, aktivitas berbelanja selama 1 jam dapat membakar kalori sebesar 175 kalori. Sebagaimana dikutip pula dari detikhealth bahwa perempuan biasa menghabiskan waktu 2,5 jam untuk berbelanja dan itu setara dengan berjalan sejauh 3 mil. Menakjubkan ya! Ternyata belanja bisa juga menjadi cara asyik seseorang untuk berolahraga.

2.       Hobi belanja menambah pengetahuan

Perempuan yang gemar berbelanja rata-rata lebih memiliki pengetahuan mengenai harga suatu barang di satu tempat dengan tempat lainnya. Ini artinya, mereka cenderung memiliki informasi lebih mengenai perbandingan harga suatu barang. Hal ini dapat bermanfaat dalam mengatur keuangan, karena dengan begitu apa yang mereka beli biasanya sudah merupakan pertimbangan dari hasil perbandingan harga tadi.

3.       Belanja bisa menjadi bisnis

Hobi berbelanja di mana seseorang mampu mengolah informasi mengenai harga barang dan juga pasar dari beberapa produk, ternyata bisa juga berubah menjadi ladang uang bagi mereka yang mampu melihat peluangnya secara cermat. Tidak sedikit orang yang memiliki hobi belanja mampu mengubahnya menjadi ajang bisnis kecil-kecilan, atau bahkan berkembang menjadi bisnis besar.

Nah Sisters, ternyata tidak keseluruhan mereka yang memiliki hobi belanja itu selalu negatif ya. Ada juga manfaat-manfaat yang bisa diambil bagi para shopaholic ini. Jika Sisters merupakan salah satunya, tidak ada salahnya kita berfikir ulang, apakah hobi belanja kita bisa kita ambil manfaatnya bagi keseharian kita. Jadi hobi berbelanja : adakah positifnya? Saran yang tepat adalah “Be a smart shopper always“, Sisters! Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel lainnya Ramaikan Rumah Dengan Al-Qur’an.

Leave a Reply