Hobby Menjadi Money

Sudah bukan rahasia lagi di jaman sekarang hobi bias menjadi sumber penghasilan. Hobi telah berubah fungsi, bukan hanya kegiatan yang dilakukan pada waktu luang untuk melepas jenuh tapi juga sebagai mesin uang. Bisnis atau pekerjaan yang berawal dari hobi biasanya berhasil. Karena dilakukan dengan senang hati tanpa unsure keterpaksaan.  Bekerja dengan cinta membuat kita lupa waktu, tidak kenal lelah dan selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Hijapedia Its Your Community Image (34)

Ketika ingin menjadikan hobi sebagai mesin uang, memang ada beberapal angkah yang harus kita lakukan. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar hobi kita bisa menghasilkan uang, berikut ini adalah caranya :

  1. Meluruskan niat dan berdoa. Segala sesuatu berawal dari niat. Karena itu luruskan niat, agar hobi kita merupakan jalan untuk mendapatkan rejeki Allah yang halal. Dan teruslah berdoa karena kesuksesan kita pastilah ditentukan oleh Allah.
  2. Fokus pada hobi yang disukai dan dikuasai. Mungkin kita memiliki hobi lebih dari satu, tapi putuskan satu hobi yang memang benar – benar kita sukai dan kuasai. Hobi yang dijalankan karena memang kita paham betul, bukan ikut – ikutan. Menentukan hobi yang tepat adalah hal yang paling utama. Mengenai keuntungan ekonomis, pikirkan saja belakangan. Dengan kreatifitas yang dimiliki, uang akan dating dengan sendirinya.
  3. Latihan dan terus latihan. Dengan terus berlatih maka akan menghasilkan karya yang berkualitas dan meningkatkan nilai jualnya. Disiplin dalam menekuni hobi. Kendalanya ketika hobi yang biasanya dilakukan di waktu senggang dan akhirnya menjadi runtinitas, cenderung membuat menjadi malas. Begitulah perubahan hobi menjadi bisnis. Untuk membantu buatlah ritme kerja agar dapat konsisten menghasilkan karya.
  4. Tingkatkan Pengetahuan. Tingkatkan pengetahuan teknis yang berhubungan dengan hobi. Sekarang sudah tidak susah lagi, sumber informasi bias diperoleh melalui buku, majalah, internet dan televisi. Bisa juga dengan mengikuti seminar atau kursus yang bersertifikat. Sertifikat bias digunakan untuk menambah prestise dan kepercayaan pelanggan, sehingga menaikan daya jual.
  5. Pasarkan Hasil Karya. Hal penting adalah apakah ada orang mau mengeluarkan uangnya untuk hasil karya kita? Di sini pemasaran salah satu kunci sukses. Memiliki pengetahuan bagaimana menjual karya kita. Karena tanpa itu, mungkin karya kita tidak laku walaupun luar biasa bagusnya.

Akhirnya apa pun yang kita pilih, cintailah! Dengan melakukan pekerjaan yang dicintai, kita memiliki pekerjaan layaknya hobi. Semoga artikel ini menambah pengetahuan terhadap peluang dan potensi bisnis dari hobi kamu.(SelvyaMulyani)

Leave a Reply