Ini Alasan Kamu Harus Berhenti Begadang

Tidur larut malam bagi sebagian orang sudah menjadi gaya hidup. Entah banyak aktivitas yang dilakukan hingga malam hari atau memang sulit untuk memejamkan mata. Padahal tubuh sudah memerlukan istirahat, namun mata seolah menolak untuk dipejamkan. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang sangat mengganggu, banyak sekali akibat buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Menanam penyakit

Mengapa menanam penyakit? Ya karena begadang memiliki efek panjang pada kesehatan. Terganggunya metabolisme tubuh maupun proses detoks di dalam tubuh bisa sangat mempengaruhi timbulnya penyakit. Awalnya efek yang muncul ringan, seperti sakit kepala, mata merah, gangguan pencernaan, dan lainnya, namun efek berkepanjangan menanti di masa depan. Maka bersiap menuai apa yang kita tanam saat ini.

 

2. Sulit bangun pagi

Tentu saja jika kita begadang, kita akan lebih sulit untuk bangun pagi. Karena waktu tidur normal kita berkurang akibat terlambat tidur. Badan dan mata akan terasa sangat berat untuk bangun pagi. Pilihannya kemudian, entah kita bangun pagi dan terus menahan rasa kantuk seharian atau kembali tidur lagi.

 

3. Hari tidak produktif

Jika kita pada akhirnya tidak mampu bangun pagi dan lebih memilih untuk kembali tidur, tentu ini akan sangat mengganggu hari produktif kita. Apa-apa yang sebelumnya bisa dimulai di pagi hari kini mundur semakin jauh. Di saat semua rutinitas orang pada umumnya bergulir sejak fajar, kita akan menjadi orang yang terlambat mengejar hari.

 

4. Tidak bersemangat

Jika kita pada akhirnya mampu bangun pagi, kita akan terjebak pada hari-hari berat menahan rasa kantuk. Masih kurangnya waktu istirahat membuat kita tidak bersemangat menghadapi hari. Lesu akibat begadang akan sangat terasa di siang hari. Ketika orang lain segar menantang hari, kita akan mundur perlahan kekurangan semangat.

 

5. Cepat lelah

Orang yang gemar tidur larut malam akhirnya mudah mengalami kelelahan. Lagi-lagi karena kurangnya jam istirahat semestinya, membuat tubuh kian lambat memproses segala hal. Akibatnya selain tidak bersemangat tubuh akan terasa ingin terus beristirahat di siang hari produktif. Sebuah kondisi yang terbalik  bukan?

 

Benar kan, Sisters? Begadang bisa berakibat tidak baik bagi diri kamu. Kamu masih suka tidur larut malam? Sudah siap kan untuk mengurangi kebiasaan ini?

Leave a Reply