Ini Jenis Cemburu yang Dibenci Allah

Assalamualaikum, Sisters! Di dalam sebuah rumah tangga, pahit manis, turun naik, susah senang, merupakan dinamika yang pasti dijumpai. Ujian dan cobaan pun akan senantiasa ada. Ujian datang salah satunya juga ketika ada rasa cemburu yang hadir. Cemburu bisa membuat lahirnya percekcokan kecil atau besar. Memang cemburu itu dibutuhkan, namun jika rasa cemburu hadir secara berlebihan dan menimbulkan rasa tidak nyaman, bagaimana Islam memandang hal ini ya?

Rasulullah saw bersabda : “Ada tiga orang yang mereka tidak akan masuk syurga selamanya, yakni orang durhaka kepada kedua orang tuanya, Ad-Dhayyuts, dan wanita yang menyerupai laki-laki”. Dhayyuts adalah yang tidak peduli kepada orang yang bergaul bersama istrinya. Hijapedia

Mengacu pada sabda Rasulullah saw tersebut, maka laki-laki atau suami harus merasa cemburu kepada istrinya. Kita sebagai istri harus dicemburui. Jika mereka tidak cemburu, maka mungkin mereka tidak benar-benar menjaga dan melindungi istrinya dengan baik. Namun ada cemburu yang dicintai Allah dan ada cemburu yang dibenci Allah

“Sesungguhnya kecemburuan itu ada yang dicintai Allah dan ada yang dibenci Allah. Adapun rasa cemburu yang disukai Allah adalah cemburu karena cemas (khawatir), dan cemburu yang dibenci Allah adalah cemburu yang bukan karena rasa cemas.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Maka cemburu yang baik adalah cemburu yang dilandasi oleh rasa cemas. Rasa cemas dan khawatir ini adalah perasaan takut jika istrinya dapat keluar syariat dan melampaui batasnya dalam berbagai hal, terutama dalam bergaul dengan lawan jenis. Alasan cemburu ini pun mesti jelas dan tidak berpotensi sebuah tuduhan.

Sedangkan begitulah cemburu yang tidak disukai Allah, yaitu jenis cemburu buta. Cemburu yang tanpa dilandasi oleh fakta dan bukti nyata atau syar’i. Hal ini hanya akan memperkeruh suasana di dalam rumah tangga dan ini yang harus dihindari.

Subhanallah, mengenai detil rasa cemburu pun telah diatur di dalam Islam. Islam, rahmatan lil alamin, rahmat bagi setiap orang. Maka yuk Sisters, jaga diri kita agar tidak membuat suami cemburu berlebihan.

One Comment

Leave a Reply