Cara mencari jodoh yang baik menurut islam – setiap umat muslim pastinya ingin mendapatkan jodoh terbaik yang dapat member kebahagiaan, tentunya kebahagiaan itu bukan hanya meliputi kebahagiaan duania namun juga mencakup kebahagiaan akhirat. Dalam islam tentunya ada cara mencari jodoh yang baik menurut islam, hal ini tidak lain adalah agar kita tidak salah dalam memilih calon pasangan yang akan mendampingi hidup kita. Wanita yang baik-baik akan mendapatkan laki-laki yang baik. Begitupun sebaliknya. Untuk itu, walaupun Allah sudah Mengetahui dan Menguasai jodoh kita, tentunya semua itu bergantung dari siapa diri kita, sebaik apa kita, dan bagaimana kita dalam mengusahakan jodoh itu bertemu dengan kita. Berikut adalah cara agar kita bisa mendapatkan jodoh yang baik sesuai dengan aturan islam.

cara mencari jodoh yang baik menurut islam

  1. Pilihlah jodoh atas dasar keimanan

Kecantikan, ketampanan, kedudukan, dan harta tentunya bukan hal utama yang menjadi pertimbangan atas dipilihnya pasangan dalam hidup, Dalam sebuah hadist Rasulullah menyebutkan bahwa agama adalah hal utama dalam memilih jodoh atau pasangan. Untuk itu, sebagai muslim hendaknya kita melihat seseorang berdasarkan atas agamanya bukan atas harta, ketampanan atau kecantikan, keluarga terlebih dahulu. Agama adalah tiang dari keluarga, untuk itu, tiang ini tidak boleh dinomer duakan atau dikesampingkan.

  1. Selalu Memperbaiki Diri

Penting bagi kita untuk selalu memperbaiki diri dengan harapan pada akhirnya setelah kita menjadi pribadi baik kita akan berjodoh dengan orang yang baik pula. Sehingga, apapun yang terjadi jodoh kita akan selalu berawal dari diri kita. Jodoh yang baik tentu akan datang sesuai dengan kebaikan dan keshalihan diri kita.

  1. Bergaul dan berkumpul dengan orang-orang shaleh

Jika kita menginginkan jodoh yang shaleh dan taat kepada Allah maka kita pun harus bergabung dan berkumpul bersama orang-orang yang shaleh. Dari situlah kita bisa menemukan orang-orang yang tentunya memiliki keimanan dan kekuatan taqwa. Jodoh dari Allah tentunya harus di usahakan atau dilakukan ikhtiat agar ditemukan. Biasanya pertemuan jodoh kita tergantung dari dengan siapa kita berkumpul, siapa saja teman-teman dan sahabat kita. Semuanya bergantung kepada lingkungan mana kita berkumpul.

  1. Berdoa dan Tawakal Kepada Allah

Selain berikhitar, tentu saja berdoa dan tawakal kepada Allah adalah hal yang harus dilakukan. Ikhtiar kita tentu akan menyombongkan diri kita jika kita tidak berdoa dan bertawakal kepada Allah. Tentu saja Allah tau yang terbaik dan menguasai persoalan hidup kita. Sehingga, kita serahkan segala urusan hanya kepada Allah SWT.

Baca juga :Tips Mendapatkan Suami Yang Baik dan Shalih dengan Beberapa Langkah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here