Inilah Mengapa Mahasiswa Harus Punya Bisnis Sendiri

Perkuliahan adalah masa dimana dunia pendidikan terasa lebih bergantung pada kedewasaanmu mencari ilmu. Artinya kuliah tidak akan seberat masa sekolah  karena kita lebih banyak waktu luang sehingga bisa diisi dengan hal-hal bermananfaat untuk masa depan. Ikut organisasi, ikut kompetisi ilmiah, ikut pertukaran pelajar, ikut berbagai misi budaya, berpartisipasi pada kegiatan masyarakat, hingga memulai bisnis sendiri. Yap! Memiliki bisnis sendiri semasa kuliah itu sangat penting lho, Sisters! Mau tau kenapa?

  1. Uang jajan tambahan

Mengharap uang masuk semata-mata dari orang tua pada usia 20 tahun ke atas bukan lagi pilihan bijak bagi mahasiswa. Sudah saatnya kamu mulai mencari uang jajan tambahan sendiri. Selain tidak membebani orang tua terlalu berat, mendapat penghasilan sendiri pasti rasanya memuaskan.

  1. Mengasah kemampuan bisnis di waktu santaiHijapedia

Saat kuliah, keleluasaan waktu selain diisi oleh belajar bisa kamu gunakan untuk lebih mengasah kemampuan bisnismu. Kamu akan lebih memiliki waktu untuk membaca peluang bisnis, entah berjualan pakaian, buku, makanan, atau apapun. Ini akan lebih bermanfaat daripada waktumu terbuang sia-sia.

  1. Tanggung jawab belum terlalu banyak

Bebanmu ketika kuliah akan tidak lebih besar dari mereka yang sudah berkeluarga atau jika kamu sudah mulai memiliki tanggungan lain. Dengan beban yang tidak terlalu besar ini maka kamu bisa fokus belajar bisnis.

  1. Jika gagal masih punya banyak waktu untuk berbenah

Dalam membangun bisnis pasti kamu mengalami jatuh bangun. Jika kamu sudah terbiasa berbisnis sejak kuliah kamu memiliki lebih banyak kesempatan untuk memperbaiki kekurangan daripada mereka yang baru mulai bisnis saat tanggungan sudah banyak.

  1. Lulus, kerja, bisnispun jalan

Bisnismu perlahan akan mulai stabil seiring kamu membenahi kekurangan sistem yang ada. Ketika waktu ini datang dan kamu sudah lulus kuliah kamu akan lebih mudah melangkah membangun karir. Percayakan bisnis pada orang kepercayaan karir pun tetap melesat.

  1. Melatih kemandirian finansial

Jika kamu sudah terbiasa bertanggung jawab pada pengelolaan bisnis dan keuangan sendiri, ini akan sangat baik bagi kemandirian finansialmu. Kamu tidak akan terlalu kaget jika menghadapi situasi yang lebih rumit. Tidak menutup kemungkinan di usia baru mulai karir profesional kamu sudah mampu membayar DP rumah atau kendaraan pribadi.

Nah, jika sudah begini ayo segera mulai bisnismu sendiri. Sudahkah kamu mulai memilih lini bisnis yang kamu rasa berpeluang bagus?

Leave a Reply