Islam : Perempuan Menyerupai Laki-laki?  

Assalamualaikum, Sisters! Perempuan diciptakan sedemikian indah dengan kelengkapan fisik maupun pembawaan fitrah yang lemah lembut dan gemulai. Ini adalah ciri khas dari perempuan sebagai pembeda nyata dengan kaum laki-laki. Namun masih sering kita jumpai perempuan yang berdandan seperti laki-laki, atau bergaya, berjalan, maupun berbicara seperti laki-laki. Sebuah label umum bernama “tomboy” atau “boyish” bahkan menjadi sebuah trend aliran tersendiri. Lantas adakah Islam berbicara mengenal hal ini?

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra, ia berkata : “Rasulullah saw melaknat laki-laki yang menyerupai dirinya dengan kaum wanita dan wanita yang menyerupakan dirinya dengan kaum laki-laki”. Dalam riwayat lain disebutkan : “Rasulullah saw melaknat laki-laki yang bertasyabbuh dengan kaum wanita dan wanita yang bertasyabbuh dengan kaum laki-laki” (HR. Bukhari)

Bertasyabbuh berarti menyerupai, artinya segala tindakan yang menyerupai seperti model rambut, memakai perhiasan yang biasa dipakai oleh laki-laki, gaya berjalan, atau gaya bicara seperti laki-laki sangat dilarang.

Di dalam riwayat Abu Hurairah ra : “Rasulullah saw melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita, begitu pula wanita yang memakai pakaian laki-laki” (HR. Ahmad no. 8309)

Jika sebelumnya disebutkan secara umum mengenai apa yang menyerupai, di dalam hadits ini lebih jauh dan lebih spesifik disebutkan mengenai larangan berpakaian yang menyerupai laki-laki atau sebaliknya. Perempuan yang menyerupai dirinya dengan laki-laki berarti telah keluar dari fitrahnya yang lurus yang telah Allah tetapkan atas dirinya.

Lantas pernahkah kamu berpikir untuk bergaya seperti itu, Sisters? Semoga tidak ya. Apa-apa yang telah Allah fitrahkan kepada kita, baik kelengkapan fisik maupun pembawaan secara umum hendaknya kita syukuri dengan menjaga dan menerima apa adanya.

 

 

Leave a Reply