Jadwal Imsak Dan Waktu Buka Puasa.
Ramadhan 1438 H atau Tahun 2017 Masehi

TanggalImsakSubuhMaghrib
14:204:2518:02
24:204:2518:02
34:204:2518:02
44:204:2518:02
54:204:2518:02
64:204:2518:02
74:204:2518:02

Puasa Ramadhan 2017 – Bulan Ramadhan untuk umat muslim di seluruh dunia adalah bulan yang penuh berkah, hikmah dan juga ampunan. Sebab berbagai amal perbuatan bisa menjadi pahala yang berkali lipat. Bahkan juga telah diceritakan bagaimana tidurnya orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan adalah pahala. Maka dari itu, adalah hal yang sangat sia-sia bila pada kesempatan bulan Ramadhan ini kita tidak berlomba-lomba dalam mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Umur seseorang hanya Allah SWT yang mengetahui, selagi kita masih bertemu dengan bulan Ramadhan yang sering disebut bulan seribu bulan ini, maka sangat beruntung untuk umat muslim yang mau menjalankan sunah demi untuk mengejar pahala. Nabi besar kita, Muhammad SAW juga telah mencontohkan kepada umat amalan sunah yang bisa di lakukan pada bulan suci Ramadhan.

Jadwal Imsak Dan Waktu Buka Puasa

Jadwal Imsak Dan Waktu Buka Puasa

Pada bulan ramdahan juga telah diwajibkan kepada umat Islam untuk berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah ini ternyata mempunyai banyak keutaaman untuk umat Islam, bahkan beberapa menyebutnya ialah bulan seribu bulan. Dan khusus di bulan Ramadhan ini, maka amal kebaikan umat Islam akan dibalas dengan berkah pahala yang juga berlipat ganda, bahkan jika kita menjalani puasa dengan sempurna, pada saat hari lebaran datang kita akan bersih dari dosa seperti bayi yang baru lahir kembali. Maka dari itu, kita sebagai umat muslim sudah sepantasnya tidak melewatkan bulan Ramadhan dengan kegiatan yang sia-sia seperti mengerjakan sholat wajib waktu Shalat bulan puasa di awal waktu. Untuk itu, alangkah lebih baik kita ketahui bersama apa saja keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah ini.

a. Bulan Diturunkannya Al-Quran
Bulan Ramadhan adalah bulan yang di mana kitab suci umat Islam atau Al-Qur’an untuk pertamakali di turunkan.

b. Amal Sholeh Yang Berlipat Ganda
Sebagai umat Islam yang rutin melakukan amalan sholeh dan juga kewajiban seorang muslim pada bulan ramadhan akan memperoleh balasan yang berlipat ganda. Hingga sampai 70 kali lipat sebagaimana yang terdapat di dalam Hadist.

c. Bulan Pernuh Keberkahan
Di bulan puasa seorang muslim juga berkesempatan untuk kembali ke jalan yang baik dan memperoleh keberkahan yang nilainya juga sama dengan seribu bulan. Maka jika seorang muslim di bulan puasa saja tidak juga memanfaatkan kesempatannya, maka bulan lain kemungkinan juga akan jauh lebih buruk lagi.

d. Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa
Di bulan Ramadhan ini pula seorang muslim juga berkesempatan untuk meraih pahala yang sebanyak-banyaknya, bahkan ibadah yang sempurna di bulan puasa ini nantinya akan menjadikan seorang muslim suci kembali bagaikan bayi yang baru saja lahir.

e. Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup
Selebar-lebarnya pintu untuk kembali ke jalan yang lurus di bulan Ramadhan ini di buka untuk umat Islam yang sesuai dengan Hadist.

f. Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan
Menahan haus, lapar serta amarah ini adalah jalan menuju sifat sabar yang taqwa. Dan itu kenapa berpuasa sebulan penuh di Ramadhan bisa membimbing umat Islam untuk mencapai ketawaan yang sesuai dengan surat dalam Al-Quran.

g. Terdapat Malam Lailatul Qadar
Malam 10 hari yang terakhir di bulan Ramadhan adalah waktu yang diantaranya terdapat malam Lailatul Qadar, yang dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat bisa turun pada umat Islam pada malam Lailatul Qadar tersebut.
Seperti yang kita semua tahu bahwa Puasa Ramadhan 2017 adalah bulan yang penuh berkah dan juga penuh hikmah. Ramadhan adalah sebuah nama bulan yang kesembilan dalam kalender Islam. Puasa Ramadhan wajib dilaksanakan di bulan Ramadhan oleh orang Islam.

Ramadhan ini di dahului dengan bulan Sya’ban dan di akhiri dengan bulan Syawwal, sedangkan Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri didahului dengan bulan Ramadhan dan juga di akhiri dengan bulan Dzul-Qa’idah.

Lalu Bulan Ramadhan 2017 Jatuh pada tanggal dan bulan berapa? Puasa Ramadhan di tahun 2017 ini insya Allah di awali pada tanggal 27 Mei 2017 atau 1 Ramadhan 1438 H, sedangkan untuk Hari Raya Idul Fitri sendiri jatuh pada tanggal 25 Juni 2017 atau 1 Syawwal 1438 H.

Akan tetapi terlepas dari persoalan ini, kita sebagai umat Muslim juga tetap harus menjaga persatuan. Jangan jadi masalah, sebab perbedaan di mulai dan di akhirinya puasa Ramadhan. Yang terpenting kita lebih meningkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan yang akan datang ini.

Bagi seorang Muslim, puasa merupakan komitmen yang harus dianut oleh individu yang dengan fisik dan mempunyai usia yang cukup. Dalam artian sudah “Sah” dan wajib untuk mengikuti ibadah puasa di bulan ramadhan mengaktualisasikan Ramadhan juga tambahan yang digambarkan dalam Surat Al­Baqarah ayat 183.

Dengan bersumber dari ayat ini, jelas bila dengan melakukan puasa di bulan Ramadan merupakan suatu komitmen yang harus di niatkan dan juga di laksanakan. Jadwal Ramadhan 2017 ini pastinya juga akan memberikan kesan kedalaman untuk semua umat Islam di Indonesia.

Puasa adalah kondisi dimana seseorang harus menahan semua hal yang ada pada dirinya, baik itu makan, minum atau syahwat. Nah, biasanya kita masih dibingungkan oleh pertanda kapan puasa ini boleh dilakukan.

Misalnya, si kecil bertanya sebetulnya apa itu pengertian imsak? Atau kapan Waktu Imsak ini di mulai? Imsak berlaku pula pada puasa di luar puasa wajib seperti puasa Ramadhan. Pengertian imsak sendiri ini ialah diambil dari bahasa Arab yakni amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan.

Jadi, dari pengertian menahan ini berarti waktu imsak ialah waktu dimulainya untuk menahan semua hal yang membatalkan puasa. Akan tetapi, di saat imsak masih diperbolehkan untuk makan dan juga minum, selama belum memasuki waktu subuh.

Sayangnya, secara istilah yang umum dipahami terkait pengertian imsak ialah saat seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur supaya tidak terlewat sampai masuk subuh.

Masih sama dengan penjelasan terkait pengertian imsak di atas bahwa batas mulai puasa ini bukan masuknya waktu imsak, akan tetapi yang benar masuknya waktu subuh yang sebagaimana firman Allah Swt di dalam Al-Quran.

Sehingga sudah sangat jelas sesuai pengertian imsak ini di dalam Jadwal Imsak Dan Waktu Buka Puasa asalkan belum masuk waktu shubuh, kita juga masih boleh makan, minum dan juga melakukan hal yang lainnya.

Tidak ada ketentuan kita sudah harus imsak sebelum masuknya waktu shubuh. Karena batas mulai puasa tersebut bukan sejak imsak akan tetapi sejak masuknya waktu shubuh. Lalu bagaimana pada saat kita hendak berpuasa tetapi waktunya sangat mepet dan sudah memasuki awal imsak?

Sesuai dengan pengertian imsak di atas, apabila kita bangun untuk makan sahur namun waktu sudah sangat dekat dengan waktu adzan subuh baik radio, masjid, serta televisi sudah menyatakan imsak maka tidak usah khawatir. Sebab sebetulnya kita masih punya waktu 10-15 menit lagi untuk makan sahur.

Manfaatkanlah waktu Imsakiyah 2017 tersebut dengan makan dan minum secukupnya. Pergunakanlah 10 menit tersebut untuk makan sahur supaya puasa di siang hari tidak akan terasa berat.

Ketentuan waktu imsak terseut juga sebagai ihtiyath atau kehati-hatian dan di dasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas selanjutnya baginda bangun mengerjakan salat.

Sayyidina Anas juga bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur tersebut?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang di perlukan untuk membaca 50 ayat.’ Hadis tersebut juga menunjukkan bahwa jarak maupun interval waktu antara bersahurnya Rasul saw. dan azan Subuh merupakan kira-kira 50 ayat.

Itu artinya Rasul saw. tidak lagi makan sahur hingga berkumandangnya azan subuh. Pada redaksional hadis ini di sebutkan secara jelas bahwa Rasul saw juga bersahur dan berhenti kira-kira waktu yang di perlukan untuk membaca 50 ayat Alquran sebelum masuk waktu subuh.

Dan inilah yang dipahami oleh para ulama kita, sehingga nantinya menetapkan sunnah berimsak sekitar waktu yang diperlukan untuk pembaca 50 ayat Alquran tersebut yang diperkirakan setara dengan 10 sampai 15 menit.

Jadi sudah jelasl bila apa itu waktu imsak ramadhan 2017 dan juga waktu bermulanya puasa subuh. Kesimpulannya ialah bagi mereka yang makan atau minum selepas waktu imsak ini tidaklah membatalkan puasanya selagi mana tidak sampai masuk nya waktu subuh akan tetapi bersahur pada saat hampir waktu imsak atau tidak terlalu cepat atau lambat merupakan yang digalakkan sebab ia sunnah Rasulullah SAW dan merupakan adab bersahur yang sangat baik sekali.

Selain itu, dengan meninggalkan sunnah Rasulullah SAW dengan sengaja tanpa alasan munasabah merupakan makruh dan tidak terpuji. Demi menjaga kesempurnaan ibadah puasa kita dan lebih beradab dalam melaksanakan perintah Allah maka adalah baik bila kita mengikut panduan yang telah diberi.

Demikianlah Jadwal Imsak Dan Waktu Buka Puasa Untuk Tahun ini. Semoga bisa bermanfaat ya. Dan jika memang ini perlu disebarluaskan, silahkan share jadwal ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here