Jalani atau Tinggalkan, Pilih!

Don’t complain about your job. If you hate it, Quit! If there’s something wrong with it, Find a way to fix it! If it’s a good job, Be grateful for it! If you want more out for your job, Make it happen! Be diplomatic about it and make it your dream job or Leave!  – Anonym

Jalani atau Tinggalkan, Pilih! Assalamualaikum, Sisters! Jika berbicara mengenai pekerjaan, rasanya kita selalu merasakan siklus naik dan turun. Ada kalanya pekerjaan yang kita jalani menjadi sangat menyenangkan, namun ada kalanya juga kita merasa pekerjaan kita sangat menjemukan dan melelahkan. Atau bahkan mungkin di antara kita ada yang mempertanyakan kenapa saya harus menjalani pekerjaan ini, atau mulai menyadari bahwa pekerjaan yang sedang dijalani bukanlah pekerjaan impian.

Pada dasarnya, setiap manusia cenderung memiliki rasa tidak puas di dalam dirinya. Jika kita telah berada pada suatu posisi, tempat, dan suatu waktu, kita akan cenderung mulai gelisah untuk membayangkan sesuatu yang lainnya yang di dalam bayangan kita lebih menyenangkan. Itu semua manusiawi, Sisters.

Banyak pula kita jumpai di tempat kerja orang-orang yang suka mengeluh terhadap pekerjaannya. Bahkan lebih parahnya, keluhannya bisa lebih banyak dari kerja nyata yang seharusnya dilakukan. Pekerjaan yang dilakukan dijalani dengan penuh gelisah dan cenderung tidak ikhlas. Hal ini bisa merugikan diri sendiri lho, Sisters! Percayalah, sesuatu yang dijalani dengan tidak ikhlas dan tidak dengan hati senang akan menjadi beban berkepanjangan. Lantas, apakah ini yang kita cari? Bekerja semata-mata hanya untuk mendapat uang dan mengabaikan sisi kenyamanan dan kedamaian dalam bekerja?

Seperti kutipan di atas yang cukup bisa menggugah pemikiran kita, jika kita telah merasa bahwa pekerjaan yang kita lakukan sudah tidak lagi membawa kepuasan batin dan menjauhkan keikhlasan pada diri sendiri, lebih baik tinggalkan. Cari dan pilih pekerjaan yang benar-benar dapat membawa kita pada ikhlas untuk menjalaninya. Namun jika kita masih memiliki harapan-harapan positif yang dapat dibangun di dalam pekerjaan kita, jalani dan raih apa yang ingin kita raih.

Pertimbangkan bahwa setiap keputusan untuk bergerak ke tempat lain atau memilih pekerjaan baru harus dilakukan secara bijak. Analisis mengapa ketidaknyamanan dapat timbul pada pekerjaan. Berusaha terlebih dahulu untuk memperbaikinya. Jika memang sudah tidak bisa lagi bertahan, mantaplah untuk berhenti. Bergeraklah ke tempat lain.

Intinya, selalu bersyukur terlebih dahulu atas pekerjaan yang Sisters jalani sekarang. Cari selalu hikmah untuk bisa tetap menjalaninya dengan ikhlas. Selalu ingat bahwa tidak sedikit yang ingin berada di tempat Sisters saat ini, lho. Jadi jawaban sederhananya jalani atau tinggalkan, pilih! :)

Leave a Reply