Jangan Remehkan Sakit Kepala!

Sakit kepala itu hal yang umum banget, iya gak sih? Biasanya, saat kurang tidur, kelelahan, faktor cuaca dan lain-lain membuat kita mudah sakit kepala. Secara medis sakit kepala dikenal sebagai cephalalgia atau disebut cephalgia. Mungkin karena terlalu sering dirasakan kita jadi sering meremehkan kehadirannya. Memang beberapa jenis sakit kepala tidak berbahaya, tapi tetap ada yang harus kamu waspadai. Seperti yang dilansir dalam buku “penyakit paling umum di dunia: sakit kepala.” karya T.E. Holt, M.D., seorang dokter di University of North Carolina School of Medicine berikut ini.

  1. Sakit kepala karena berolahraga. Berolah raga membuat kita lelah secara fisik. Jika kemudian sakit kepala muncul dengan cepat dan rasanya luar biasa sakit setelah berolah raga, cepat temui dokter! Mungkin efeknya tidak berbahaya, tapi itu bisa memicu terjadinya pendarahan subaraknoid.
  2. Sakit kepala yang merambat ke leher. Sakit kepala ringan hanya terasa di kepala, namun sakitnya menjalar ke mana-mana, itu bisa berarti meningitis dan pendarahan. Apalagi kalau sakit kepalamu disertai demam, infeksi, ruam gatal, dan membuatmu kesulitan berpikir.
  3. Sakit kepala seperti sambaran petir. Jika sakit kepala menyerangmu tiba-tiba dan rasanya seperti ditusuk- tusuk, kemudian berubah menjadi sakit kepala terburuk, segera ke rumah sakit! Efek dari sakit kepala jenis itu memang tidak lama, tapi hampir semuanya bisa berkibat fatal di antaranya aneurisma, stroke dan meningitis.
  4. Sakit kepala berkelanjutan. Sakit kepala yang datang dan pergi selama berhari-hari dengan demam ringan, gangguan penglihatan dan nyeri di pelipis mata seringkali merupakan gejala dari peradangan pembuluh darah, dan bisa mengakibatkan kebutaan jika tidak segera diobati. Gak mau kan kehilangan penglihatan? Sangat baik bila kamu segera temui dokter!
  5. Sakit kepala saat kamu bangun tidur. Kamu harus memperhatikan jika sakit kepalamu semakin memburuk selama beberapa pekan, atau jika sakit kepala semacam itu terjadi setiap kamu bangun pagi. Itu adalah pola klasik untuk sakit kepala yang perlahan-lahan semakin memburuk. Jika ini terjadi, memang tidak perlu buru-buru pergi ke Unit Gawat Darurat, tapi paling tidak, kamu harus segera periksa ke dokter dan minta jadwal untuk MRI (Magnetic Resonance Imaging), saran Dr. Holt.

Jadi, sudah tau kan beberapa jenis sakit kepala yang harus diwaspadai? Nah, mulai sekarang, hilangkan kebiasaan meremehkan sesuatu yang kamu anggap sepele, karena bisa jadi itu merupakan gejala awal terjadinya penyakit serius. Semoga bermanfaat! :)

Leave a Reply