gejala demam berdarah

Sebagai salah satu penduduk yang tinggal di daerah tropis, kita lebih beresiko terkena penyakit demam berdarah. Bahkan menurut estimasi WHO, sekitar 500,000 penduduk masuk rumah sakit dikarenakan demam berdarah dan 2,5% diantaranya meninggal dunia setiap tahunnya. Mengerikan sekali, bukan? Sayangnya banyak sekali masyarakat yang kurang waspada dengan gejala demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini.

Bagaimana Nyamuk Menularkan Penyakit Demam Berdarah?

Menurut data Mayo Clinic, ada sekitar 390 juta jiwa terinfeksi nyamuk demam berdarah di seluruh dunia per-tahunnya dan 96 juta lainnya terserang wabah ini. Kebanyakan masalah muncul di daerah tropis seperti Indonesia, Taiwan, Mexico, Afrika dan lainnya. Sementara itu, orang-orang barat dari eropa dan Amerika terinfeksi virus demam berdarah karena mereka ber-traveling ke luar negeri.

Apa Penyebab Demam Berdarah?

DBD (Demam berdarah) disebabkan oleh viruse dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Virus ini akhirnya mengkontaminasi darah seseorang yang erkena gigitan. Namun demikian, penyakit ini tidak menular. Hanya nyamuk saja yang bisa menularkanvirus ini.

Gejala Demam Berdarah

Ciri-ciri demam berdarah biasanya dimulai selam enam hari setelah infeksi. tanda-tanda demam berdarah berikut ini muncul setidaknya sekitar 10 hari dengan gejala seperti:
• Panas tinggi mendadak
• Sakit kepala
• Sakit dan rasa nyeri dibelakang bola mata
• Pergelangan tulang dan otot terasa sakit
• Kelelahan
• Muntah-muntah
• Muncul bintik kemerahan di tangan Bintik ini muncul biasanya sekitar lima hari
• pendarahan sekitar hidung, gusi dan mudah sekali memar

Sayangnya, gejala demam berdarah juga menipu. Seorang anak dan orang dewasa yang belum pernah terinfeksi demam berdarah cenderung tidak kentara saat mengalaminya. Bila dibiarkan, demam beradarh ini bisa menimbulkan resiko besar dan bahkan kematian.
Komplikasi penyakit DBD bisa berupa kerusakan limpa dan pembulu darah, kegagalan sistem sirkulasi dan pendarahan di pembuluh darah. Jika sudah mencapai taraf ini, pasien dipastikan mengalami Dengue Shock Syndrome (DSS).

Diagnosa Demam Berdarah

Meskipun menampakan gejala penyakit ini, dokter tetap akan melakukan diagnosa dengan melakukan pengetesan darah untuk memeriksa virus dan antibodi. Pastikan Anda menceritakan pada dokter bahwa Anda pergi ke area yang memiliki banyak nyamuk sehingga ia bisa membuat kesimpulan yang pas. Ini juga bisa membantu menyimpulkan kesimpulan infeksi yang dialami pasien.

Obat Demam Berdarah

Menut WHO, tidak ada obat spesifik penyakit ini. Umumnya bila seorang pasien terkena infeksi virus ini, dokter akan menyarankan acetaminophen dan menghindari obat-obat yang mengandung aspirin. Dalam keterangan situs kesehatan Webmd, aspirin bisa memperburuk pendarahan. Disarankan juga untuk minum banyak air putih dan melakukan perawatan yang disarankan.

Obat Alami Demam Berdarah

Ada sejumlah obat alami yang dipercaya membantu penyembuhan demam berdarah. Salah satunya adalah jambu biji merah dan daunnya. Buah ini kaya akan flavonoid dan senyawa kimia lain yang bisa menghambat penyebaran virus dan meningkatkan jumlah trobosit darah. Selain jambu biji, sari kurma juga dipercaya mampu meningkatkan trombosit dalam darah dengan cepat.

Perlu diingat, bahan-bahan di atas sifatnya hanyalah sebagai pembantu. Karena sampai sekarang masih belum ditemukan vaksin dan obat khusus demam berdarah. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan perawatan sesuai petunjuk dokter. Dan ingat, jangan terkecoh dengan suhu tubuh yang berangsur turun, biasanya ini hanya tipuan dan panas kembali naik. Masa-masa ini justru merupakan waktu krisis yang harus diwaspadai. Tidak disarankan juga bagi penderita memakan makanan yang keras. Pastikan makan-makanan dengan gizi tinggi, istirahat cukup dan hindari stres. Karena, pada dasarnya penyembuhan penyakit berawal dari tubuh Anda sendiri.

Lakukan Pencegahan

Yang pasti, Anda diwajibkan melakukan pencegahan sedini mungkin dengan melakukan hal-hal seperti berikut ini:
• Tidak tinggal di area yang berpopulasi tinggi, karena ini dipastikan kumuh dan banyak nyamuk.
• Jaga kebersihan rumah dan lingkungan, buang semua botol bekas.
• Jangan biarkan ada genangan di rumah
• Rajin menguras bak mandi dan tong air berikan bubuk ABATE rekomendasi dinas kesehatan setempat.
• Jangan menggantung pakaian
• Pastikan pintu dan rumah ditutup saat malam hari untuk menghindari nyamuk masuk
• Gunakan air conditioner jika ada
• Segera kunjungi dokter saat mengalami gejala demam berdarah.
• Pakai obat nyamuk setiap hari

Jangan pernah meremehkan demam berdarah, dan jangan menunggu sampai parah baru Anda berkonsultasi ke dokter. Ingat! Banyak yang meninggal dunia karena menyepelekan hal ini. Pastikan memberi pendidikan khusus untuk keluarga di rumah agar terhindar dari penyakit mematikan ini. Berikan pemahaman bahwa DBD sampai sekarang belum ada obatnya dan meminta seluruh anggota untuk berhati-hati. Demi keselamatan keluarga Anda. Mulai jaga kebersihan dari sekarang sebelum terlambat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here