Jodoh untuk Wanita Sholehah

Pasti teman-teman semua pernah menghadiri pesta pernikahan keluarga/sahabat, kan? Saat kita sedang menikmati hidangan dan berkumpul dengan teman-teman lama atau pun dengan keluarga, pertanyaan ini seringkali muncul:

“Kapan mau nyusul?” Atau

“Kalau kamu kapan nikahnya nih? Calonnya udah ada kan?”

Bagi yang sudah punya calon biasanya menjawab,

“Sedang dicari waktu yang tepat dan baik”.

Bagi yang belum seringkali menjawab dengan pernyataan,
“Belum dapat jodohnya”.

 

Jodoh. Kata yang bisa membuat kita berpikir setiap waktu. Siapa sih jodoh kita? Apa benar wanita yang baik akan mendapat jodoh pria yang baik pula?

 

Ada pendapat ulama yang mengatakan bahwa jodoh itu sudah ditetapkan sebelum kita lahir. Jadi kita tidak usah berbuat apa-apa? Karena, toh jodohnya sudah ditetapkan, jodoh gak akan kemana-mana,kan? Ini pemahaman yang salah. Karena Allah SWT juga menyuruh kita untuk terus berikhtiyar dalam menjemput rezeki maupun jodoh kita. Seperti firman Allah dalam Surat Ar-ra’d ayat 11 :

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka”.

 

Jadi untuk dapat menjemput jodoh, kita harus terus berikhtiyar untuk mendapatkannya. Bagaimana cara kita berikhtiyar?

Surat An-Nur ayat 26 :

“Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik (pula)….”.

 

Dari ayat di atas tentunya kita menginginkan jodoh yang baik untuk diri kita. Untuk mendapatkan jodoh yang baik itu kita harus berikhtiyar menjadi baik juga. Secara logika hal ini memang benar. Lelaki yang mempunyai akhlak yang baik tentunya menginginkan seorang ibu yang baik untuk mendidik anak-anaknya kelak, ia pasti akan mencari istri yang mempunyai akhlak yang baik pula.

 

Berbahagialah untuk wanita-wanita yang selalu taat dalam beribadah dan senantiasa menjaga akhlaknya. Mereka para wanita sholehah yang senantiasa dinanti dan dicari oleh para pria sholehah pula.

Maka dari itu, ikhtiyar yang harus kita lakukan adalah terus membenahi diri kita sendiri. Terus menjaga sholat kita, mempererat tali silaturahim, dan senantiasa menjaga akhlak kita. Insya Allah jodoh yang baik akan kita dapatkan. Seperti janji Allah dalam Surat At-Thalaaq ayat 3 :

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”.

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

Semoga kita senantiasa dalam rahmat-Nya.

4 Comments

  1. setuju sekali, hiasilah diri kita dengan akhlak yang mulia. gunakan waktu singel sebagai waktu untuk membenahi diri serta mungumpulkan ilmu sehingga kita menjadi wanita yang pantas dengan bekal ilmu yang dimiliki dalam mengarungi kehidupan rumah tangga yang diharapkan menjadi sakinah..

Leave a Reply