Katakan Tidak pada Rokok di Tempat Umum

Jargon “Merokok Dapat Merusak Kesehatan” ternyata tidak cukup untuk membuat seseorang berhenti melakukan aktivitas merokok. Candu adalah hal yang sulit untuk diubah. Celakanya efek yang ditimbulkan bukan hanya pada mereka yang merokok secara aktif, namun juga berdampak pada mereka yang tidak merokok namun ikut menghirup asapnya (perokok pasif). Pemerintah sebenarnya telah melarang orang merokok di tempat umum, namun masih saja ada oknum yang tidak mengindahkan hal ini. Jika kita menemui perokok aktif di tempat umum, hendaknya kita turut andil untuk memberi teguran kepada mereka. Hal ini demi udara bersih dan hidup yang lebih sehat. Berikut tips nya :

  1. Sapa dengan sopan

Mulai sapa orang tersebut dengan baik dan sopan. Jika kita menjumpai nya di dalam angkutan umum atau stasiun kereta misalnya, tanya kemana ia hendak pergi sebagai bahan obrolan awal pencair suasana.

  1. Jelaskan kondisi kita pribadi

Jika kita adalah seorang perempuan hamil atau orang yang membawa anak kecil, jelaskan bahwa saat ini kamu sedang mengandung dan/atau sedang membawa anak kecil bersamamu, sehingga kamu mau mereka terlindungi dengan baik tanpa ada asap rokok.

  1. Bekali diri dengan pengetahuan

Memiliki pengetahuan dasar mengenai peraturan hukum dan undang-undang mengenai larangan merokok di ruang publik adalah bekal yang baik untuk mengajak bicara perokok aktif di tempat umum.

  1. Tegur dengan baik

Minta dengan sopan agar orang tersebut bisa mencari lokasi yang khusus diperuntukan bagi perokok untuk merokok. Jika disekeliling lokasi tersebut belum ada tempat khsusus untuk merokok (dedicated smoking room), mintalah orang tersebut untuk mematikan rokoknya.

  1. Panggil petugas

Jika cara-cara di atas masih tidak mampu untuk membuat perokok aktif di tempat umum untuk menghormati kita yang ingin bebas asap rokok, panggil petugas keamanan yang sedang berjaga untuk mengamankan kondisi. Jangan pernah takut salah karena larangan merokok di tempat umum telah memiliki landasan hukumnya.

Teguran kecil kita mungkin akan berdampak besar pada lingkungan di kemudian hari. Saling mengingatkan dalam kebaikan sangat dianjurkan bukan? Udara bersih dan lingkungan sehat tanpa asap rokok dapat membuat generasi ke depan lebih baik.

Leave a Reply