Kecanduan Game? Coba Pikir Lagi Deh!

Dear Sisters, semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula ragam permainan (game) yang beredar. Jenis game yang dimaksud ini adalah game online atau game yang memiliki platform digital yang dapat dimainkan lewat media seperti portable handset game maupun gadget. Kemudahan ini semakin menggiring para penikmat game untuk menyalurkan hobi mereka dimana saja dan kapan saja.

Celakanya, ada pula yang menjadi candu akan game sejenis ini. Potensi bagi mereka untuk main game kapan saja membuat serentetan hal negatif muncul berdampak pada diri mereka. Apa kamu juga salah satu penikmat game ini? Sebelum lebih jauh kecanduan, simak yuk beberapa dampak negatif dari kecanduan game :

1. Dampak kesehatan

Tidak bisa dipungkiri lagi, dampak pada kesehatan sangat jelas terlihat bagi mereka yang kecanduan game. Mata yang terus menatap layar gadget, komputer, maupun sarana digital lainnya dapat membuat mata cepat lelah dan mudah terjadi iritasi ringan maupun berat. Belum lagi posisi tubuh yang selalu sama dalam kurun waktu tidak sebentar ketika bermain game dapat membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi tegang. Jangka panjangnya, penyakit seperti stroke, jantung, ginjal, dan lainnya menjadi sulit untuk dihindari.

2. Kehilangan waktu produktif

Fokus bermain game yang pada umumnya memakan waktu yang tidak sebentar, atau bahkan jika sudah terlalu candu bisa lupa waktu, membuat kita melewatkan waktu-waktu produktif dalam hidup. Hal yang kita lakukan hanya terpaku pada game selama berjam-jam.

3. Lalai akan kewajiban

Selain waktu produktif, kewajiban kita pun bisa terlewatkan dengan game. Keasyikan bermain yang tak mengenal waktu membuat kita bisa tidak memprioritaskan lagi apa yang telah menjadi kewajiban. Seperti waktu shalat, waktu belajar, waktu bekerja, dan sebagainya.

4. Kurang interaksi sosial 

Dunia game yang memiliki daya pikat tersendiri membuat para penikmatnya hanya berkhayal melakukan interaksi dengan layar. Akibatnya, interaksi sosial dengan orang di dunia nyata menjadi semakin sedikit dan bahkan bisa tidak ada.

5. Memicu ketidakjujuran

Obesesi bagi penikmat game untuk bisa menang dalam pertandingan bisa memicu ketidakjujuran. Banyak yang menggunakan cara cepat untuk bisa menang dalam permainan. Meski itu hanya di dunia khayal, namun secara tidak sadar ini akan terbawa pada keseharian.

6. Pemborosan

Selain merugikan dari segi waktu, kesehatan, dan lainnya yang telah disebut di atas, pemborosan uang juga menjadi akibat langsung nya. Meski banyak game yang dilansir gratis, namun kuota internet yang harus kita beli juga bisa menjadi ajang pemborosan.

Nah, sudah tau kan Sisters dampak negatif dari kecanduang bermain game? Lebih baik pikir lagi deh kalau kita sudah mulai berlebihan dalam menikmati game. Jadikan game sebagai sarana hiburan singkat penghilang jenuh saja. Selamat merebut hari baik!

Leave a Reply