Kecanduan Smartphone Harus Dikurangi Lho

Sesuai dengan berkembangnya zaman dan majunya teknologi, sudah tidak asing lagi banyak orang kecanduan dengan penggunaan smartphone. Apakah sisters semua termasuk dari yang  tidak bisa jauh-jauh dari smartphone sedikit saja? Mungkin saja sisters sudah termasuk kecanduan smartphone. Keberadaan telepon seluler pintar seperti Blackberry, Android atau iPhone memang bisa membuat mobilitas kita menjadi lebih mudah, tapi dampak lainnya bisa merugikan lho.

Menurut Profesor Cary Cooper, pakar psikologi di Lancaster University, Inggris, melihat layar secara konstan membuat Anda menjauh dari orang. Anda tidak berinteraksi dengan dunia nyata. Salah satu penyebabnya, karena pengguna tidak pernah tahu kapan akan mendapat email, SMS atau pesan sehingga mereka terus mengecek ponselnya untuk mencari kesenangan.

“Menjadi subjek aliran data yang konstan atau overload informasi menghadirkan risiko nyata ketidakpedulian terhadap informasi yang benar-benar diperlukan dan menjadikan Anda kurang mengontrol kehidupan,” ucapnya.

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur kecanduan smartphone? Bagaimana mengatasinya agar bisa ‘kembali’ ke dunia nyata? Simak tipsnya berikut ini J

1. Kurangi Pemakaian Smartphone Secara Bertahap

2. Tahu Tempat Menggunakan Ponsel

3. Perbanyak Berbicara Secara Langsung

4. Sering Olahraga

5. Ukurlah Pemakaian Ponsel

6. Gunakan dengan bijaksana

Leave a Reply