Kehamilan Pertama? Siapa Takut!

Kehamilan Pertama? Siapa Takut! Setelah menikah, idealnya pasangan suami istri mendambakan hadirnya sosok malaikat kecil di tengah keluarga baru mereka. Namun tidak semua perempuan sudah mempersiapkan kehamilan pertama dari jauh hari sebelum mereka menikah. Bahkan perbincangan mengenai kehamilan dengan suami baru dimulai sejak setelah pernikahan dilangsungkan. Mari kita simak yuk beberapa ulasan mengenai kehamilan pertama yang pasti bermanfaat untuk Sisters yang baru saja memulai kehidupan rumah tangga, ataupun yang sudah mulai berencana untuk berkeluarga.

1.       Hamil itu Anugerah

Langkah awal untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ibu tentu saja Sisters harus menyadari secara utuh bahwa kehamilan adalah anugerah indah dari Allah swt. Tidak semua perempuan dipercaya untuk bisa hamil dan banyak juga saudari kita di luar sana yang sangat mendambakan kehamilan. Maka mulailah dengan keyakinan bahwa hamil adalah anugerah dan amanah untuk kita yang harus kita syukuri dan jalani dengan bahagia.

2.       Mulai berbicara terbuka dengan suami tentang kehamilan

Sebagai calon ayah dan ibu baru, tentu Sisters harus kompak dengan suami berbicara terbuka mengenai kehamilan. Kapan Sisters dan suami mulai harus bersiap akan hadirnya si kecil. Apa saja yang harus disepakati jika waktu indah itu tiba.

3.       Mencari tahu tentang kehamilan pertama

Mulailah menambah pengetahuan tentang masa kehamilan pertama. Apa saja persiapan yang harus dilakukan oleh calon ibu dan calon ayah. Baik dari segi kesiapan mental, asupan gizi, dukungan moral, maupun material. Kumpulkan bahan sebanyak-banyaknya pengetahuan.

4.       Positif! Alhamdulillah!

Jika tanda-tanda positif sudah didapat dari hasil tes sementara, berbagilah dengan suami sehingga Sisters dapat didampingi untuk melakukan pemeriksaan dokter untuk pertama kalinya. Berdiskusilah tentang dokter yang akan menjadi rujukan Sisters selama masa kehamilan.

5.       Dukungan terbesar datang dari calon ayah

Masa kehamilan pertama mungkin akan menjadi fase yang cukup mengagetkan bagi calon ibu baru. Terjadi banyak perubahan pada perempuan di masa kehamilan. Seluruh tubuh beradaptasi dengan perubahan hormonal, psikis, maupun fisik. Di 3 bulan awal kehamilan tubuh sangat beradaptasi dengan hadirnya si cabang bayi di rahim. Di bulan berikutnya, yang lebih terlihat adalah perubahan fisik. Kebutuhan asupan ibu hamil pun sangat harus dijaga. Oleh karena itu, mintalah dukungan penuh dari si calon ayah agar selama masa kehamilan, Sisters tidak merasa sendirian.

Nah Sisters, selanjutnya kita tinggal menikmati setiap detik dari masa kehamilan. Tetap positif dan yakin bahwa kelak kita akan menjadi ibu luar biasa bagi si malaikat kecil dan kelak ia akan menjadi tabungan kita di Syurga! So, kehamilan pertama? Siapa takut!

 

Leave a Reply