penyebab telinga berdenging

Penyebab terlinga berdenging – Anda sering mendengar suara denging? Itu bukan sebuah pertanda atau firsata buruk. Ini adalah tinnitus. Tinnitus ini memunculkan suara di dalam pendengaran seolah mendengar suara denging, siul, berdesis dan lainnya.

Suara yang muncul di dalam telinga bisa bersifat sementara atau berkelanjutan. Disamping itu, tingkat kekerasannya juga berbeda-beda. Ada yang lirih-lirih, ada juga yang sangat keras sekali. Di malam hari, kondisi ini kerap mengganggu karena membuat penderitanya sulit tidur atau kehilangan konsentrasi. Menurut situs kesehatan terbesar di Amerika, Webmd mengatakan tinnitus dalam kondisi yang parah ada hubungannya dengan jantung. Kondisi ini juga menyerang lebih dari 50 juta warga Amerika dengan kondisi yang berbeda-beda.

Anggapan kuping berdengung ini juga dikaitkan dengan kehilangan pendengaran. Padahal ini bukan faktor utama seseorang kehilangan pendengaran. Orang yang hidup dengan kondisi tinnitus masih bisa mendengar suara dan bahkan cenderung lebih sensitive terhadap suara. Bila hal ini terjadi, Anda harus segera konsultasi ke dokter untuk menemukan penyebab telinga berdenging dan menemukan perawatan dan alat yang tepat.

Apa Penyebab Telinga Berdenging?

Menurut situs Mayo Clinic, kondisi kesehatan juga bisa membuat tinitus semakin buruk. Telinga berdenging secara terus-menerus ini lebih disebabkan oleh sel rusak. Atau, bisa juga rambut halus di dalam telinga bergerak seriring datangnya gelombang suara sehingga melepaskan sinyal elektrik ke otak melalui saraf-saraf, sehingga otak akan menginterpretasikan ini sebagai suara.

Penyebab Telinga Berdenging secara umum

  1. Faktor umur

Banyak orang yang mengalami penurunan kualitas pendengaran seiring berjalannya waktu. Umumnya dimulai di usia 60 tahun ke atas.

  1. Terlalu Sering Mendengar Suara Kencang

Kalau suka mendengarkan musik keras sebaiknya mulai sekarang dikurangi. Anak muda sering kali memutar musik di gadget mereka di luar batas maksimum. Ini bisa memicu tinitus, bahkan lebih buruk. Bila ini diteruskan, telinga bisa rusak.

  1. Penyumbatan Telinga

Kotoran di dalam telinga berfungsi untuk melindungi saluran lubang telinga dari kotoran dan memperlambat laju pertumbuhan bakteri. Ketika kotoran telinga ini sudah menumpuk dan susah bersih secara natural maka tinnitus akan muncul. Bila dibiarkan hal ini bisa menyebabkan iritasi dan justru bisa mengakibatkan hilangnya pendengaran.

  1. Struktur Tulang Telinga Berubah

Tulang yang paling berpengaruh adalah tulang bagian tengah (otosclerosis) yang bisa mempengaruhi pendengaran dan menyebabkan kuping berdengung. Kondisi ini lebih disebabkan oleh pertumbuhan tulan yang tidak wajar dan umumnya bersifat keturunan.

  1. Infeksi Telinga

Entah infeksi muncul di telinga kanan atau kiri, infeksi telinga bisa mengakibatkan telinga berdenging. Gejala umum yang muncul adalah telinga berarir, gangguan pendengaran sementara, rasa nyeri di telinga dan gatal.

  1. Cedera di Kepala atau Cedera Leher

Dua kondisi ini bisa mengakiatkan trauma dan berefek buruk pada telinga seperti terganggunya fungsi otak dan saraf pendengaran. Beberapa orang mengalami tinnitus selama satu tahun.

Akibat Fatal yang Dialami Penderita Bila Dibiarkan Saja

 

Kebanyakan penderita tinnitus akan mengalami kelelahan, sulit tidur, stres, sulit konsentrasi, mengalami penurunan daya ingat, depresi dan bahkan mudah tersinggung.

Bagaimana Diagnosis Tinnitus Dilakukan?

 

Sebelum menentukan obat telinga berdenging, dokter akan melakukan serangkaian prosedur penting. Dilansir dari Mayoclinic, Anda akan menjalani beberapa tes seperti:

Audiological

Anda akan diminta duduk di ruang kedap suara dan diberi earphones dimana nantinya beebrapa suara akan diputar. Suara tersebut nantinya di tes disetiap sisi telinga: kiri dan kanan. Anda harus bisa memastikan kapan bisa mendengar suara dan mendeskripsikan secara detil yang dirasakan agar dokter bisa membuat kesimpulan.

Melakukan Gerakan Tertentu

Anda umumnya diminta melakukan gerakan tertentu seperti menggerakkan mata, menggertakkan gigi atau menggerakkan leger, tangan dan juga kaki. Jika tinnitus semakin buruk, dokter akan mengambil kesimpulan soal pengobatan yang diperlukan.

CT atau MRI Scan

Prosedur ini juga perlu untuk melihat lebih dalam tentang kondisi pendengaran sekarang. Entah untuk melihat susunan tulang, tumor atau lainnya.

Perawatan dan Obat Telinga Berdenging

Selain mengkonsumsi obat telinga berdenging yang dianjurkan oleh dokter, Anda wajib memperbaiki kualitas hidup dan menghentikan penyebab telinga berdenging. Beberapa anjuran menurut Webmd adalah sebagai berikut:

  1. Pelajari apa yang membuat tinitus bertambah parah

Beberapa orang mengkonsumsi makanan, alkohol dan obat-obatan yang memicu tinnitus menjadi lebih buruk. Kenali hal ini! Berhenti minum soda, teh, kopi dan energy drink. Selain itu coba hindari Asirin, alkohol dan garam.

  1. Berhenti Merokok

Merokok bisa membuat kuping berdenging semakin buruk. Ini bisa membahayakan laju peredaran darah dan saraf yang berhubungan dengan insdra pendengaran.

  1. Cobalah Menciptakan White-Noise

Yang dimaksud white noise adalah dengan mendengarkan suara yanglembut di telinga. Seperti misalnya musik-musik lembut, mendengarkan radio atau menyalakan kipas angin. Biasanya ini sangat membantu.

  1. Cobalah Selalu Rileks

Lakukan hal-hal yang membuat rileks seperti Tai-chi, Yoga, meditasi, hipnosis dan masih banyak lagi. Hindari stress dan juga beristirahat yang cukup agar tubuh bisa fit dan tinnitus berkurang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here