Kenapa Harus Menikah? Ini Jawabannya!

“Nikah nanti ajalah, masih muda, nikmati hidup dulu”. “Aku mau cari pasangan yang mapan dong, hari gini gitu loh!”. “Emang mau ngapain sih nikah? enakan juga sendiri, bisa bebas ngapain aja”

Sering gak sih, Sisters kamu dengar kata-kata ini dari teman atau kerabat? Atau jangan-jangan kamu sendiri masih memiliki banyak pertanyaan kenapa harus menikah? Yuk kita kupas tuntas 5 keutamaan menikah dalam Islam.

  1. Menyempurnakan Separuh AgamaHijapedia It's Your Community (180)

Dari Anas bin Malik r.a  ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : “Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 625)

Menikah akan menyempurnakan separuh agama, artinya banyak manfaat dari menikah terutama untuk menciptakan banyak kebaikan sehingga nilainya separuh dari agama. Lebih mudah berpahala jika kita sudah menikah, banyak sekali celah pahala yang menanti.

  1. Menciptakan ketentraman diri

Allah swt berfirman : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya.” (QS. Ar-Ruum:21).

Subhanallah Sisters, sudah dijanjikan oleh Allah bahwa setelah menikah, kita akan merasa tentram dan nyaman dengan pasangan kita. Mereka adalah orang yang akan paling membuat kita merasa tenang. Meskipun kondisi rumah tangga akan naik dan turun, pasangan adalah partner terbaik yang dikirim Allah untuk berkerjasama menyelesaikan semua persoalan.

  1. Menjaga kehormatan

Rasulullah saw bersabda : “Wahai para pemudabarangsiapa yang memiliki kemampuan, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Memiliki pasangan akan membuat kita merasa puas telah memiliki pendamping yang setiap waktunya merupakan pelengkap hidup. Oleh karenanya diri kita akan lebih terhindar dari godaan dan fitnah lawan jenis lainnya. Apalagi fitrah hawa nafsu, dengan menikah semua tersedia jalur halal yang baik. Oleh karenanya, jika merasa belum mampu, dianjurkan berpuasa.

  1. Dilapangkan rezekinya

Allah berfirman : “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur: 32)

Untuk kamu yang masih khawatir akan rezeki Allah, sesungguhnya Allah telah berjanji dalam firman nya untuk mencukupkan rezeki mereka yang menikah. Artinya, dengan menikah pintu rezeki akan lebih terbuka lebar, namun jika masih ada pasangan atau keluarga yang miskin harta, mungkin mereka diberi kekayaan jiwa untuk ikhlas dan seterusnya.

  1. Menjalankan sunnah rasul

Allah berfirman : “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.” (QS. Ar Ra’du: 38). Ini menunjukkan bahwa para rasul itu menikah dan memiliki keturunan. Dengan begitu mencontoh mereka dengan berkeluarga dan memiliki keturunan telah menjalankan sunnah.

Nah, masih ada gak ya kira-kira yang bertanya-tanya mengapa kita harus menikah? Semoga dengan membaca keutamaan di atas, semua bisa lebih terjawab ya, Sisters!

 

Leave a Reply