Kenapa masih pilek ya?

Buat sisters yang sering mengalami pilek dan pilek tersebut  tak kunjung sembuh, mungkin sisters terkena Sinusitis. Apa sih Sinusitis? Sinusitis adalah peradangan saluran pada rongga tengkorak yang menghubungkan hidung dan rongga mata.

Buat sisters yang penasaran, sebenarnya apa saja sih gejala Sinusitis yang biasa terjadi :

  1. Pilek yang berlangsung lama , biasanya penderita tidak menyadari dirinya terkena sinusitis gejalanya sering didahului pilek yang berlangsung lama sehingga dianggap biasa.
  2. Bila sudah terjadi penumpukan cairan dalam rongga maka kepala menjadi sakit, terutama jika sedang menunduk.
  3. Kadang pendengaran berkurang dan badan meriang, sementara ingus terus mengalir.
  4. Kehilangan nafsu makan dan indera penciuman menjadi lemah.

Siapa saja sebenarnya rentan terkena sinusitis. Hal ini disebabkan oleh polusi lingkungan, gaya hidup yang tidak sehat, dan juga bagi penderita alergi. Tapi jangan khawatir sisters, berikut kami berikan beberapa tips yang bisa sisters coba untuk pengatasi sinusitis :

  • Pemberian antibiotik, untuk mengobati infeksi yang terjadi.
  • Kompres hangat dengan memakai handuk untuk mengurangi nyeri di sekitar wajah.
  • Tinggal di lingkungan udara yang bersih.
  • Banyaklah mengkonsumsi vitamin C apabila dirasa tubuh kurang fit dan rajinlah berolahraga untuk mempertebal daya tahan tubuh kita. Apabila terkena penyakit pilek yang membandel atau serangan flu lebih dari seminggu.
  • Manfaatkan dengan air panas. Saat mandi, gunakan shower air hangat, usap dahi, hidung dan dagu dengan waslap yang dibasahi air panas, agar lubang hidung terbuka lebar. Rongga hidung yang kering lebih mudah terinfeksi daripada yang basah.
  • Perbanyak memakan makanan yang pedas, umumnya makanan berbumbu pedas dapat memperlebar lubang hidung.
  • Usahakan hidung selalu dalam kondisi lembab, terutama tatkala cuaca di luar panas terik.
  • Perbaiki daya tahan tubuh. Caranya, istirahat yang cukup dan makan panganan yang penuh gizi. kurangi merokok atau kalau bisa berhenti merokok

 

Semoga bermanfaat, sisters :)

Leave a Reply