Keuntungan Membaca Buku yang Dicetak

Keuntungan Membaca Buku yang Dicetak. Membaca buku merupakan salah satu hobi klasik yang tidak hanya bermanfaat untuk menghibur diri; dengan membaca, kita menambah wawasan, meraup ide untuk melakukan suatu hal, terinspirasi untuk berbuat baik dan sebagainya. Bahkan, perintah untuk menambah ilmu juga sangat ditekankan untuk para muslim dan muslimah. Setiap bulan selalu ada buku baru yang dicetak, sehingga mereka yang hobi membaca tidak pernah kekurangan bahan bacaan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, para muslim dan muslimah modern pun tidak lagi selalu menenteng buku tercetak. Banyak yang lebih memilih untuk membaca lewat sarana perangkat bergerak seperti tablet, Kindle, ponsel pintar dan laptop. Bahkan, membaca dan menghapal Al Qur’an pun bisa dilakukan lewat tablet. Gaya hidup modern pun membuat kegiatan membaca lewat perangkat digital menjadi hal yang normal terlihat.

Akan tetapi, ada baiknya Anda sesekali melepaskan perangkat digital Anda dan menikmati kegiatan membaca buku yang tercetak.
Keuntungan Membaca Buku yang Dicetak

Tahukah Anda bahwa keseringan membaca dari perangkat digital bisa berakibat buruk untuk mata dan cara berpikir? Radiasi dari layar dapat membuat mata Anda cepat lelah dan beresiko menimbulkan pusing (terutama jika Anda tak menyesuaikan tingkat kecerahan layar). Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa orang yang membaca di layar cenderung ‘melompat-lompat’ dan lebih cepat ketimbang membaca di buku tercetak. Akibatnya, Anda jadi tidak punya waktu untuk benar-benar memproses dan merenungkan informasi yang diperoleh sehingga otak jadi kurang terlatih.

Keuntungan Membaca Buku yang Dicetak

Jika Anda membaca buku yang dicetak, Anda bisa membaca sampai berapa lamapun karena mata tidak terpapar radiasi. Membaca buku yang dicetak juga menuntut Anda berkonsentrasi dan membaca lebih lambat sehingga tanpa sadar Anda mendapat efek meditatif yang menenangkan. Plus, karena buku tidak memerlukan cadangan baterai, Anda jadi bisa menghemat energi.

Kesimpulan: gaya hidup modern serta penggunaan teknologi maju termasuk perangkat digital untuk membaca memang tidak bisa dihindari, tapi jangan sampai Anda terlalu tergantung pada perangkat dan melupakan nikmatnya membaca buku yang dicetak.
Semoga bacaan mengenai Keuntungan Membaca Buku yang Dicetak ini dapat membuka pandangan baru untuk kita semua ya Sist’.

Leave a Reply