Keutamaan Shalat Malam (Tahajud)

Keutamaan shalat malam  – Shalat adalah cara umat muslim berdoa berkeluh kesah, berdoa dan meminta kepada Allah SWT. Ada waktu-waktu yang diyakini memiliki kelebihan jika kita berdo’a memohon pertolongan Allah. Pada waktu-waktu tersebut, Allah menjanjikan akan mengabulkan do’a-do’a yang disampaikan oleh hambanya yang ikhlas memohon pertolongan atas segala kesusahan.

Allah mencintai hambanya yang mau memohon pertolongan kepada Nya, dengan rendah hati dan suara yang rendah, dengan keikhlasan agar do’anya terkabul, dengan do’a-do’a yang membawa kebaikan.

Salah satu waktu yang baik  untuk berdo’a adalah sepertiga malam terakhir, maka dari itu lakukanlah sholat pada waktu-waktu tersebut. Shalat memiliki beberapa hukum, yaitu shalat wajib dan juga shalat sunnah. Diantara shalat sunah ada yang dikerjakan pada malam hari yaitu shalat malam atau shalat tahajud.

Shalat tahajud adalah shalat yang mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kita yang mau melakukannya. Karena shalat tahajud yang dilakukan di pada sepertiga malam tersebut sangat menguntungkan bagi kita.  Karena pada malam hari Allah menurunkan malaikat ke bumi dan in shaa Allah mengabulkan doa doa kita. Maka dari itu disarankan atau  malah di wajibkan bagi kita untuk bangun dan shalalat tahajud. Adapun keutamaan shalat malam disini akan memberikan ketenangan jiwa dan pikiran kita. Wajah kita pun akan lebih berseri dan hati pun menjadi sejuk.

Waktu Shalat malam yang baik adalah tengah malam antara pukul 12 sampai dengan jam 3 dini hari. Karena pada jam jam ini semua orang terlelap dan hanya sebagian orang yang bisa menyempatkan waktu untuk bangun dan melakukan shalat malam.

Manfaat lain yang akan kita dapat jika kita melakukan shalat malam adalah akan di mudahkan oleh Allah doa doa maupun hajat kita. Apa lagi dengan niat kita tulus kepada Allah. Setelah shalat malam diwajibkan bagi anda untuk berdoa memohon dan menundukan kepala kepada Allah dengan khusu’ setelah shalat sebaiknya anda juga membaca alquran.

Dapat disimpulkan bahwa keutamaan shalat malam adalah doa doa kita insyaAllah akan mudah dikabulkan oleh allah, doa pun akan lebih ksusu’ karena keheningan di malam hari, dan anda pun memperoleh kesejukan hati dan fikiran tenang serta hati pun terhindar dari syrik. Banyak sekali hal yang kita dapat dengan melakukan shalat malam. Mulai sekarang bangunlah, dan lakukan shalat malam dengan khusu’.

Semoga bermanfaat bagi kita semua ….

Leave a Reply