Kriteria Memilih Pasangan menurut Syari’at Islam

Kriteria memilih pasangan menurut syari’at islam- Memiliki keluarga yang sakinan mawaddah wa rahmah adalah idaman umat muslim. Untuk mencapai keluarga yang demikian maka dimulai dengan memilih pasangan hidup kita.

Pasangan adalah seseorang yang menemani kehidupan kita. Pasangan suami istri misalnya adalah seseorang yang akan menemani kehidupan kita seumur hidup. Maka dari itu dalam memilih pasangan tidak boleh sembarangan dan harus di lakukan dengan teliti dan cermat agar setelah menikah kita tidak salah pilih pasangan yang berakibat buruk terhadap diri kita dan hubungan kita.
Hijapedia

Dalam memilih pasangan hidup, kita di tuntut untuk benar-benar memperhatikan  sifat dan tabi’at pasangat kita saat pendekatan terjadi. Karena dal;am ajaran islam yang sesungguhnya tidak memperbolehkan kaum adam dan hawa untuk berpacaran sebelum menikah, maka terjadilah ta’aruf guna untuk mengetahui diri pria / wanita yang kelak akan di jadikan pasangan.

Keseimbangan diperlukan dalam sebuah rumah tangga, sehingga perbedaan antara anda dan calon pasangan anda harusnya tidak terlalu besar, seperti perbedaan tingkat pendidikan, perbedaan status sosial, perbedaan latar belakang, dan lain-lain. Karena perbedaan yang ada sering kali membuat permasalahan yang mungkin akan mengganggu kehidupan berumah tangga. Perbedaan sebaiknya dibuat sekecil mungkin karena kita tidak mungkin menikah dengan orang yang sama persis dengan kita dari semua segi, dan perbedaan dalam rumah tangga akan membuat kita lebih baik lagi dalam mengelalola rumah tangga nantinya. Tetapi perbedaan yang terlalu besar juga akan membuat pengelolaan rumah tangga menjadi lebih sulit.

Untuk itu kita harus mengetahui cara Kriteria memilih pasangan menurut islam, perhatikan caranya di bawah ini:

Leave a Reply