Lakukan 5 Hobi Sederhana Ini untuk Menghilangkan Stres

Setiap hari kita sibuk dengan berbagai aktivitas. Waktu 24 jam yang dia nugerahkan Allah pun seakan kurang. Terkadang aktivitas yang kita jalani menyita waktu, fikiran dan tenaga sehingga bias memicu terjadinya stress. Stres sendiri sebenarnya hal wajar dan setiap orang pernah mengalaminya. Stres perlu diatasi secara tepat agar tidak mengganggu kehidupan pribadi dan pekerjaan kita. Caranya dengan membuat pikiran fresh kembali dan mengalihkan focus sejenak dari hal – hal pemicu stres.

Salah satu cara mengataasi stress adalah melakukan hobi. Cukup hobi sederhana, tidak usah mahal dan bias dilakukan saat itu juga. Ini semacam pertolongan pertama untuk memperbaiki mood. Lalu, apa saja hobi yang bias mengatasi stres tersebut berikut ulasannya :

  1. Mendengarkan Musik. Ketika tanda – tanda stress mulai melanda, kita berada dalam situasi yang tertekan. Langkah sederhana yang dapat dilakukan dengan mendengarkan musik. Dengarkan musik yang membuat kita merasa nyaman. Tidak ada aturan baku musik genre apa, yang penting dapat menenangkan pikiran dan dapat mengurangi emosi negatif yang muncul.
  2. Menulis. Cara lain untuk mengatasi stress adalah menulis. Tulislah apa pun itu, lebih bagus lagi tulis semua hal yang menyebabkan stress. Hal ini merupakan salah satu cara kreatif untuk menemukan jalan keluar dari masalah. Luapkan semua emosi dalam tulisan. Dengan menulis ini membantu untuk melihat permasalahan secara menyeluruh.
  3. Membaca. Selain dapat menambah wawasan, membaca merupakan salah satu pengalih perhatian selama stress. Carilah bacaan misalnya majalah atau Koran. Bukalah kembali koleksi perpustakaan pribadi dan temukan bacaan favorit kita. Luangkan waktu untuk bersantai dan membaca. Tenggelamkan pikiran kita kedalam isi tulisan, sehingga perhatian kita teralihkan sejenak.
  4. Menonton. Nah menonton ini bukan sembarang menonton, tapi menonton film atau video lucu. Ya kita perlu tertawa. Efek tertawa itu sama dengan meditasi. Tertawa satu menit saja sudah memberirelaksasi tubuh sebanyak 40 menit. Saat tertawa system syaraf dalam otak kita melepaskan zat kimia yang mempengaruhi emosi, perilaku dan cara kita merasa menjadi lebih baik.
  5. Memasak. Dunia dapur bukan hal yang asing lagi buat kita, beruntunglah bagi yang suka memasak. Karena pada saat memasak makanan pikiran kita berkonsentrasi pada proses persiapan, cara mengolah bahan makanan dan membuatnya terlihat lebih menarik dan lezat. Kegiatan ini membutuhkan imajinasi dan kreativitas, ini dapat membantu mengurangi stres.

Itulah beberapa hobi sederhana sebagai pertolongan pertama ketika mengalami gejala stres. Pilihlah hobi yang paling sesuai dengan kepribadian dan temukan cara yang mudah dan efektif agar dapat bersantai dan memperbaiki suasana hati. Semoga bermanfaat. (Selvya Mulyani)

Leave a Reply