Larangan Mengintip Rumah Orang Tanpa Izin

Assalamualaikum, Sisters! Silaturahim merupakan perbuatan baik yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Sebisa mungkin di antara kesibukan kita, masih bisa kita luangkan waktu untuk bersilaturahim seperti berkunjung ke rumah saudara atau kerabat. Namun bagaimana ya jika di tengah niatan tersebut, ketika kita tiba di rumah seseorang, setelah mengucap salam hingga tiga kali, orang yang punya rumah tidak kunjung menjawab? Jika keadaannya seperti ini, jangan sekali-sekali kamu iseng mengintip rumah tersebut ya!

 

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa mengintip rumahnya suatu kaum tanpa izin mereka, maka sungguh halal bagi kaum itu untuk menculek matanya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya dia mendengar Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa mengintip ke dalam rumah suatu kaum tanpa seizin mereka, lalu kaum itu menculek matanya, maka matanya itu telah sia-sia (tidak mendapat diyat dan tidak mendapat qisash). (HR. Abu Dawud)

 

Dari Ubadah bin Shamit ra, bahwasanya Rasulullah saw ditanya tentang hal meminta izin untuk memasuki rumah-rumah. Maka beliau bersabda, “Barangsiapa yang matanya melihat-lihat ke dalam rumah sebelum minta izin dan mengucapkan salam, maka tidak ada izin (baginya) dan sungguh dia telah bermakshiyat kepada Tuhannya”. (HR. Thabrani)

 

Beberapa hadits tersebut adalah riwayat hadits sohih yang berisi larangan untuk umat muslim mengintip rumah saudaranya jika belum diizinkan. Artinya jika kita bertamu ke rumah orang, kemudian kita telah mengucapkan “Assalamu’alaikum” sebanyak tiga kali dan tidak ada yang menyahut, lebih baik kita pulang dan kembali lagi lain waktu. Mungkin masih banyak di antara kita yang iseng mengecek keberadaan orang tersebut dengan mengintip di sela jendelanya, ini yang tidak boleh. Terlebih jika kita mengucap salam sambil mengintip, atau malah mengintip dulu tanpa mengucap salam.

 

Larangannya jelas, penjelasan bahwa orang tersebut boleh dicungkil matanya jika melakukan itu menegaskan betapa keras larangannya. Karena mungkin saja orang yang punya rumah ada di dalam dan belum siap keluar. Atau mungkin ada aib lain di dalam rumah yang tidak boleh diketahui siapapun.

 

Nah, sekarang kamu sudah tau kan? Jangan sekali-sekali melakukannya ya Sisters! Yuk kita saling menjaga diri dari apa yang dilarang oleh Islam. Aturan Islam diciptakan untuk menciptakan keteraturan yang indah.

Leave a Reply