Madu, Makanan Sehat Alami dan Serbaguna

Madu, Makanan Sehat Alami dan Serbaguna 

Tahukah Anda bahwa madu adalah salah satu bahan makanan kesehatan yang kerap disebut dengan penuh pujian dalam Al Qur’an? Selama berabad-abad, madu yang dihasilkan para lebah ini memang sudah jamak digunakan sebagai bahan makanan, pengobatan dan perawatan kecantikan di berbagai belahan dunia. Bahkan, para ilmuwan saat ini terus menggali manfaat madu dan menyertakannya di dalam berbagai produk obat, suplemen kesehatan serta kosmetik modern.

Jika Anda beruntung punya sebotol madu murni di rumah, Anda tidak harus melulu mengonsumsinya dengan sendok atau dioleskan di roti. Ada berbagai cara memanfaatkan madu untuk menjaga kesehatan sekaligus kecantikan alami. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dengan cara-cara mudah.

Berikut beberapa tips berguna dalam memanfaatkan madu baik untuk kesehatan maupun kecantikan:

  • Tuangkan 1-2 sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, lalu diminum setiap bangun tidur. Ini membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di musim pancaroba. Saat kena flu, coba tuangkan air jeruk nipis ke dalam air hangat plus madu dan dminum 2 kali sehari.
  • Gunakan madu asli sebagai pengganti gula untuk memaniskan teh Anda; selain memberi sensasi rasa unik, madu asli bisa menambah khasiat gizi teh, misalnya sebagai penambah tenaga dan sumber antioksidan.
  • Aduk sesendok makan madu di dalam segelas susu putih hangat; ini adalah obat mujarab agar bisa tidur dengan mudah.
  • Campurkan 2 sendok teh madu dengan sesendok makan gula pasir atau gula coklat, plus setetes air jeruk nipis. Campurkan sampai menjadi pasta kasar, lalu gosokkan ke bibir untuk menghaluskan permukaan bibir dan menyingkirkan kulit mati.
  • Campurkan 2 sendok makan madu dengan sebuah putih telur dan sesendok yogurt putih, lalu aduk sampai rata dan oleskan di wajah; ini adalah masker bagus untuk kulit yang cenderung sangat kering sampai mudah gatal dan berkeriput. Diamkan 15 menit sebelum dibasuh.

Madu ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai makanan kesehatan, namun juga baik untuk menjaga kecantikan secara alami.

Leave a Reply