Manfaat daun salam untuk kesehatan-Pohon salam merupakan tanaman yang biasanya banyak tumbuh di sekitar pekarangan rumah kebun halaman rumah. Manfaatnya juga sudah dikenal sejak dulu bisa sebagai penambah aroma sedap untuk setiap masakan. Namun taukah Anda ada fakta tentang manfaat daun salam bagi kesehatan?

Sudah banyak penelitian resmi tentang daun salam yang menyatakan bahwa kandungan yang terdapat pada daun salam memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin sebelumnya tidak pernah kita ketahui. Kandungan pada daun salam baik disebut disebut fitonutrien, zat ini memiliki peran utama yang berkhasiat untuk mengobati diabetes, kolesterol, asam urat, dan bisa juga menurunkan tekanan darah tinggi bahkan beberapa orang ada yang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, daun yang termasuk kedalam jenis rempah-rempah ini juga dapat digunakan sebagai sakit perut, diare, maag akut sampai ada juga yang dibuat untuk menjadi pasta gigi tradisional. Jadi, sudah tidak diragukan lagi bahwa daun salam manfaatnya bukan hanya sekedar untuk bumbu dapur saja.

Bagi Anda yang sangat hobi memasak, tentunya manfaat daun salam yang sudah kering untuk penyedap masakan tidak usah diragukan lagi. Tapi , tahukah Anda jika  ada jenis daun salam yang tumbuh secara liar memiliki bau yang kurang sedap dan rasa yang cukup pahit?

Kandungan dari daun salam yang penuh manfaat

  • Ekstrak methanol sebagai zat anti cacing
  • Minyak esensial yang mengandung metal kavikol dan eugenol
  • Vitamin C dan B kompleks yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat
  • Ekstrak etanol untuk anti bakteri dan anti jamur
  • Flavonida, tannin dan minyak atsiri merupakan kandungan kimia yang terdapat pada daun salam

Manfaat daun salam untuk kesehatan
Tips memilih daun salam sebagai obat tradisional

  • Untuk daun salam yang sudah kering, pilihlah daun salam yang tidak berlubang dan tidak mudah patah
  • Untuk daun salam yang masih segar, Pilihlah yang permukaan daunnya agak lebar, berwarna hijau cerah dan masih segar.

Beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan

  1. Dapat membantu mengobati diare secara alami
    Selain daun dan buah jambu biji, ternyata daun salam juga berguna untuk mengobati sakit diare. Caranya  cukup sediakan 15 lembar daun salam yang masih segar lalu rebus dengan takaran dua gelas air atau setara 300ml rebus air sampai mendidih, setelah itu tambahkan sedikit garam kedalam rebusan daun salam tadi dan tunggu sampai dingin. Minum air rebusan tersebut sampai habis agar diare segera membaik
  2. Membantu menurunkan diabetes dan kolesterol
    untuk membantu menurunkan kolesterol dan diabetes caranya cukup mudah, cukup sediakan 10 – 15 lembar daun salam yang segar, lalu cuci sampai  bersih, kemudian tuangkan air kira-kira 3 gelas air  setelah itu  rebus sampai tersisa 1 gelas rebusan daun salam. Jika sudah dingin  saring air rebusan tersebut dan segera diminum sekaligus pada malam hari. Lakukan dengan teratur supaya kolesterol ataupun diabetes bisa cepat sembuh.
  3. Untuk pengobatan kencing manis
    manfaat daun salam untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengobati kencing manis, caranya sediakan 7 – 15 daun salam campur dengan 3 gelas air setelah itu rebus sampai tersisa 1 gelas saja, jika sudah, saring rebusan daun salam dan tunggu sampai suhunya dingin setelah itu bisa diminum sekaligus sebelum makan. Minum rebusan daun salam sebanyak dua kali dalam sehari secara rutin agar khasiat daun salam dapat diserap oleh tubuh.
  4. Daun salam bisa membuat gigi putih bersih
    Salah satu manfaat lain dari daun salam adalah sebagai pasta gigi tradisional, pasta gigi  yang dibuat dengan bahan-bahan herbal terbukti bisa dipakai untuk memutihkan gigi yang kuning, ambil daun salam yang sudah mengering lalu campuran kulit jeruk yang sudah kering juga, setelah itu haluskan dengan cara ditumbuk kemudian campurkan keduanya bersama air secukupnya. Aduk rata sampai berbentuk seperti odol pasta. Pasta gigi daun salam bisa digunakan untuk Anda setiap kali Anda menggosok gigi.
  5. Membantu menurunkan tekanan darah
    Caranya  cukup sediakan 7 – 10 lembar daun salam yang segar, lalu rebus bersama 3 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas. Jika sudah dingin, saring dan bagi rebusan daun salam  menjadi 2 gelas, minum sehari 2 kali untuk membantu menurunkan tekanan darah.
  6. Daun salam untuk mengobati maag akut
    Bagi Anda yang memiliki masalah maag, Anda dapat memanfaatkan daun salam sebagai obat alaminya.Caranya cuci bersih daun salam segar 15 – 20 lembar.Rebus dengan takaran 500ml air selama 15 menit atau sampai mendidih, lalu tambahkan gula aren secukupnya. Setelah rebusan air daun salam dingin, minum airnya sampai habis,
    Lakukan  hal ini secara rutin setiap hari sampai rasa perih yang dirasakan dilambuh hilang dan membaik.
  7. Khasiat daun salam untuk diet
    Untuk Anda yang sedang memiliki masalah dengan berat berlebih, Anda bisa mencoba diet dari daun salam. Caranya, cuci bersih daun salam sebanyak 20 – 30 lembar lalu rebus bersama 4 gelas air putih. Jika sudah tersisa kira-kira 2 gelas, angkat kemudian tunggu hingga dingin. Minum secara rutin 2 kali sehari untuk pagi dan malam hari masing-masing sebanyak 1 gelas.
  8. Manfaat daun salam untuk asam urat
    Manfaat daun salam untuk kesehatan yang terakhir untuk obat asam urat, Caranya sediakan 10 lembar daun salam yang sudah kering, cuci sampai bersih daun salam yang sudah dipilih, rebusan daun salam untuk mengobati asam urat sebaiknya menggunakan panic atau ceret. Ambil 10 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih, rebus dengan 700ml air, lalu biarkan air rebusan mendidih hingga tersisa kira-kira 1/3 nya saja. Saring air rebusan daun salam, dan minum saat air masih terasa hangat.

Baca juga :Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here