Manfaat Membacakan Buku yang Sama Berulang-ulang pada Anak

Hai Sist, kembali kita membahas tentang tips parenting. Kali ini masih tentang pengaruh bacaan bagi anak. Namun, kali ini kita akan membahas tentang manfaat membacakan buku yang sama berulang-ulang pada anak.

Setiap anak yang dibiasakan akrab dengan bacaan biasanya memiliki buku cerita favorit sendiri. Terkadang mereka mendesak kita untuk membaca buku itu lagi, itu lagi. Terkadang sebagai orang tua kita merasa bosan ketika harus mengulang-ulang membaca cerita yang sama untuk si kecil. Ketika ditawari bacaan lain mereka tidak mau, tetap ngotot ingin dibacakan buku itu lagi dan itu lagi.

Nah, Sister pernah mengalami hal yang sama?

Nina M. Armando, aktivis Yayasan Pengembangan Media Anak dalam sebuah artikelnya menyebutkan bahwa membaca buku yang sama secara berulang-ulang merupakan salah satu kebutuhan bagi anak dalam proses belajar. Coba amati apakah anak-anak setiap kali dibacakan cerita yang sama memberikan komentar yang sama? Ternyata tidak! Selalu saja ada hal yang baru yang mereka komentari atau tanyakan setiap kali dibacakan buku yang sama pada kesempatan berbeda. Hal ini sama kondisinya dengan kita yang menonton film tertentu lebih dari sekali. Biasanya kita akan menyadari bahwa ada beberapa detil yang terlewatkan oleh kita ketika menonton pada kali pertama.

Menurut Jim Trelease membaca buku yang sama secara berulang-ulang memberikan manfaat tersendiri bagi anak, antara lain:

  1. Membaca cerita secara berulang-ulang merupakan bagian dari proses pendalaman. Anak akan belajar lebih mengenal kata, jalan cerita dan istilah-istilah yang ada dalam buku secara berulang.
  2. Cerita yang diulang-ulang merupakan media yang tepat bagi kita sebagai orang tua untuk memasuki diskusi yang menyenangkan dengan anak. Kita bisa mengaitkan isi cerita dengan pengalaman-pengalaman anak dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan menambah kedekatan emosional antara orang tua dan anak sekaligus memancing anak untuk bercerita tentang pengalamannya dan perasaannya dengan ringan.
  3. Cerita yang diulang-ulang bisa menjadi media bagi orang tua untuk menekankan nilai-nilai tertentu pada anak, sesuai dengan moral cerita.

Itulah tiga manfaat membaca buku berulang-ulang bagi anak. So, Sister jangan pernah bosan yaa ketika anak-anak kita minta dibacakan buku cerita itu lagi itu lagi. Insha Allah buku yang sama dibacakan berulang-ulang pada anak akan memberikan manfaat positif bagi proses belajarnya.

Leave a Reply