Manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajahSiapa yang tidak tahu khasiat minyak yang satu ini, minyak zaitun  yang berasal dari buah zaitun ini ternyata pohonnya telah ditemukan dari 8000 tahun yang lalu. Tanaman zaitun ini banyak ditemukan didaerah bagian timur tengah, selain itu minyak zaitun juga memiliki banyak keistimewaan serta segudang manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Dalam ajaran agama islam, Zaitun termasuk salah satu jenih pohon yang namanya disebut-sebut dalam ayat Al-Quran.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah

Asal mula minyak zaitun adalah dari buah zaitun yang diolah menjadi pasta, lalu hasil pasta tersebut  minyaknya secara perlahan diaduk agar menyatu sampai menjadi konsentrat. Setelah itu, minyak itu diekstraksi dengan teknik centrifugation atau dengan mesin press. Setelah melalui sejumlah proses tadi dari situlah didapatkan hasil beragam jenis minyak zaitun, misalnya minyak zaitun extra virgin, light virgin, virgin, dan banyak lagi yang lainnya. Selanjutnya perbedaan jenis minyak zaitun ini mengarah pada perbedaan dari proses dan cara pengolahannya.  Misalnya untuk jenis minyak zaitun extra virgin dan virgin diproses dengan cara organik melalui sistem pengepresan dingin. Selain itu Ada pula yang diproses melalui penambahan zat kimiawi menghasilkan minyak yang berjenis pure olive oil atau juga dikenal dengan jenis minyak refined olive oil.

Membedakan minyak zaitun asli dan palsu

Tingginya minat beli minyak zaitun dengan segala keunggulan dan manfaat minyak zaitun membuat para pelaku dagang ada yang berlaku curang, hal ini ditandai dengan adanya penemuan minyak zaitun palsu dipasaran, lalu bagaimakah cara untuk membedakannya agar kita tahu manakah minyak zaitun asli dan mana yang palsu berikut caranya:

  • Perhatikan tanggal produksi

Tanggal produksi ini bisa ditemukan di kemasan minyak zaitun. Biasanya semakin detail keterangan yang terdapat di botol minyak zaitun maka akan semakin terjamin kualitasnya dari isinya.

  • Tulisan ‘Extra Virgin’

Belilah produk minyak zaitun yang sudah memiliki label ‘Extra Virgin’, sebenarnya hal ini memang bukan jaminan pasti dari keaslian minyak zaitun, akan tetapi menurut sumber dari penulis buku ‘Food Fake Food, Larry Olmsted’, produk minyak zaitun yang sudah berlabel extra virginmemiliki kualitasa yang jauh lebih baik dari yang lainnya.

  • Memiliki Segel sertifikasi

Jangan lupa untuk selalu perhatikan apakah minyak zaitun yang kita beli sudah memiliki segel sertifikasi dari bagian penguji bahan makanan. Karena badan pengawasan makanan biasanya memiliki program dan standarisasi senendiri untuk sertifikasi yang menjamin kelayakan dari kualitas minyak zaitun yang akan dijual di pasaran.

  • Perbedaan Rasa

Untuk rasa minyak zaitun yang asli, biasanya memiliki aroma segar yang khas buah zaitun selain itu rasanya juga gurih dan segar. Sedangkan untuk minyak zaitun yang palsu biasanya akan terasa hambar, tidak enak, berbau tengik dan lebih berminyak.

  • Jangan cepat tergoda dengan kemasan dan harga

Kemasan yang menarik, harga mahal, belum cukup untuk menjamin kualitas dan keaslian dari minyak zaitun. Karena bukan tidak mungkin minyak zaitun dengan harga mahal, namun memiliki tanggal kadaluarsa yang sudah melampaui batas dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Bukan hanya dipakai untuk memasak menu sehat terfavorit, manfaat minyak zaitun atau olive oil sudah sejak lama digunakan untuk kegunaan lainnya seperti melembabkan kulit, merawat rambut yang indah dan mencegah penuaan dini. Maka tak heran jika minyak zaitun salah satu kandungan yang sering ada dalam produk kecantikan karena manfaatnya yang luar biasa. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun terpopuler yang bisa digunakan untuk siapa saja!

Manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah

Minyak zaitun untuk Wajah

  • Mengobati jerawat

Manfaat minyak zaitun pada wajah dapat membantu untuk mengobati jerawat sebagai anti bakteri alami yang dapat memperparah kondisi jerawat diwajah, selain itu minyak zaitun juga dapat dipakai sebagai obat antiinflamasi yang bisa membantu meredakan pembengkakkan dan kondisi kemerahan yang menyertai jerawat.

  • Sebagai Pembersih wajah

Untuk sebagian orang mungkin akan terasa aneh bila membersihkan wajah menggunakan minyak zaitun namun karena sifat minyak zaitun yang tidak menyumbat pori-pori, sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit. Oleh karena itulah, minyak zaitun dapat melarutkan kotoran dan minyak lebih efektif daripada kebanyakan pembersih wajah yang berbahan dasar air.

Minyak zaitun untuk melembutkan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut. Jika Anda memiliki kulit kepala yang berketombe Anda bisa coba untuk memanfaatkan minyak zaitun untuk mengurangi ketombe yang ada dikepala Anda, karena kandungan vitamin E yang ada dalam minyak zaitun terbukti bisa mengurangi ketombe, seorang dermatologis dari New York ‘Julie Rusak’ memberi tips untuk mencampur satu sendok teh olive oil dan perasan air lemon untuk kemudian dipakai ke kulit kepala. Bila Anda mempunyai masalah rambut yang bercabang bisa juga mengoleskan olive oil ke ujung rambut. Untuk perawatan rambut seperti rambut rontok gunakan secara rutin seminggu dua kali, Anda bisa memakai minyak zaitun di rambut rontok dan biarkan semalaman. Paginya, bersihkan rambut dengan cara memcucinya dengan shampo seperti biasa, bilas hingga bersih lalu keringkan dan miliki rambut yang sehat dan juga indah.

Baca juga : Terapi air untuk kesehatan dan kecantikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here